Gempa Bumi 2,3 Magnitudo Guncang Kabupaten Bandung Karena Aktivitas Sesar Garsela

Info Terkini  
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

BANDUNG---Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Bandung-Jabar dan sekitarnya, Kamis, 28 April 2022 pukul 22:04:41 WIB. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 2,3 magnitudo. Episenter terletak pada koordinat 7.26 LS dan 107.57 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 26 km Tenggara Kab Bandung-Jabar pada kedalaman 5 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, Kamis malam.

Menurut Hartanto, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangalengan dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Hingga pukul 23:31 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," katanya.

Rekomendasi kepada masyarakat, kata dia, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image