HYBE Buka Suara Soal Pembebasan Wamil BTS

Korea  
BTS. Dok. Instagram 
BTS. Dok. Instagram

LAS VEGAS -- CCO HYBE, Lee Jin Hyung akhirnya buka suara soal wajib militer dari BTS. Lee Jin Hyung hadir dalam konferensi pers konser "BTS Permission to Dance The City - Las Vegas" di MGM Grand, Las Vegas, Sabtu (9/4/2022) waktu setempat.

Lee Jin Hyung hati-hati dalan menjawab pertanyaan soal wajib militer BTS. Termasuk soal kemungkinan pembebasan wamil untuk BTS.

"Memang benar kamu khawatir jika harus membicarakan ini, karena kami tahu betapa pentingnya wajib militer di Korea Selatan," kata Lee Jin Hyung dilansir dari laman Soompi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kami berharap keputusan tentang amandemen Undang-Undang Wajib Militer akan segera diambil," lanjut Lee Jin Hyung.

Di Korea Selatan, batas maksimal pria yang mengikuti wajib militer adalah usia 28 tahun. Saat ini BTS mendapatkan izin untuk menunda pendaftaran militer mereka dari amandemen yang disahkan pada Desember 2020.

Bahkan amandemen itu dijuluki "Amandemen BTS" mengingat implikasinya jelas bagi BTS. Isinya adalah artis yang mendapat rekomendasi dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan untuk menunda wajib militer mereka hingga berusia 30 tahun umur internasional.

Member tertua BTS, Jin harus masuk wamil sebelum akhir 2022. Namun beberapa anggota Majelis Nasional telah mengusulkan undang-undang untuk membebaskan artis pria, seperti BTS, yang telah memberikan kontribusi besar pada kepentingan nasional dari tugas wamil.

Sayangnya, legislatif Korea Selatan belum mencapai konsensus tentang rancangan tersebut. Lee Jin Hyung menyebut BTS menyerahkan masalah wamil pada perusahaan.

"BTS telah menyampaikan pesan bahwa mereka akan menerima panggilan wamil dari negara dan mereka tidak akan menolaknya. Namun kebijakan wamil yang berubah membuat mereka memantau situasi dan berdiskusi dengan perusahaan," kata Lee Jin Hyung.

"Kami berhati-hati dalam membuat keputusan tentang wamil mereka. Member BTS menerima ini dan menyerahkannya pada perusahaan," kata Lee Jin Hyung.

Ketidakpastian amandemen baru tersebut membuat BTS sulit memprediksi apa yang akan terjadi ke depan. Termasuk rencana apa yang akan mereka ambil jika akhirnya keputusan apapun telah diambil.

Lee Jin Hyung sendiri sadar bahwa persoalan wamil BTS menarik perhatian dunia. Untuk itu dia berharap Majelis Nasional bisa menyelesaikan masalah ini sehingga perusahaan bisa menentukan langkah yang tepat bagi BTS.

"Karena memang benar bahwa ketidakpastian (wamil BTS) membuat segalanya menjadi sulit, kami berharap (Majelis Nasional) akan mencapai keputusan sebagai secepatnya," kata Lee Jin Hyung.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image