Ini Cara Biasakan Diri Baca Buku

Gaya Hidup  
Ilustrasi buku. Dok. Pixabay
Ilustrasi buku. Dok. Pixabay

BANDUNG -- Kebiasaan menjadi perilaku yang menempel sejak lama sehingga tidak pernah menjadi beban ketika melakukan sesuatu hal. Untuk menjadi terbiasa, tentu dibutuhkan waktu dan proses, termasuk ketika membiasakan diri untuk membaca buku.

Dilansir dari laman Huffpost, seseorang harus merada nyaman ketika menghabiskan waktunya untuk membaca buku. Dukungan tempat yang relaks pun bisa menambah keinginan untuk membaca buku.

Tentu kesabaran adalah kunci dari membentuk kebiasaan membaca buku. Namun hal itu tentu belum cukup untuk membentuk kebiasaan membaca. Berikut cara membiasakan diri membaca buku.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Nikmati dan fokus membaca

Ahli manajemen waktu dan produktif sekaligus pembuat "The 7 Minute Life", Allyson Lewis menuturkan bahwa sulit membuat kebiasaan membaca jika orang tersebut tidak menikmati atau paling tidak fokus membaca.

"Jika seseorang ingin membaca, bacalah tentang sesuatu yang anda sukai, baca sesuatu yang sudah menarik perhatian ada, itu lebih baik daripada membuat hambatan sendiri," kata Lewis.

2. Sugesti dari review buku

Presiden Asosiasi Perpustakaan Amerika, Jim Neal menutukan bahwa perhatian dan sugesti dari review buku membantu seseorang untuk menentukan genre dan buku apa yang akan dipilih. Neal juga mengingatkan bahwa banyak pilihan di perpustakaan yang memudahkan memilih bacaan.

"Perpustakaan adalah jalan terbaik untuk memilih bacaan dibanding di luar sana. ini adalah jalan untuk menentukan penulis tanpa harus menginvestasikan buku," katanya.

3. Gabung komunitas

Jika sudah memilih penulis dan genre bacaan namun membaca tetap menjadi hal yang sulit, seseorang dapat mencari tahu mengenai komunitas Instagram, Bookstagram. Dalam komunitas ini, seseorang dapat menemukan rekomendasi buku yang tepat hanya dengan menggunakan tagar bookstagram.

Salah satu anggota asal London, Inggris, Rima Rashid menuturkan bahwa dari komunitas ini dia sudah memiliki 10 ribu pengikut di Instagramnya. Dia menyatakan dirinya sebagai 'mood reader'.

"Ketika saya membaca buku dengan materi yang berat, saya memilih genre fantasi remaja. Jika saya menonton acara kriminal, saya akan memilih bacaan thriller," katanya.

Rashid mendorong pembaca untuk membuat akun di Goodreads dan membuat review dari buku yang mereka baca. Ketika seseorang menulis reviewnya, situs tersebut akan merekomendasikan buku serupa yang akan mempermudah seseorang dalam memilih buku.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image