Ternyata Enam Makanan Ini Bisa Disimpan di Freezer

Gaya Hidup  
Ilustrasi freezer. Dok. Pixabay
Ilustrasi freezer. Dok. Pixabay

BANDUNG -- Harga pangan yang terus menerus naik jelang lebaran tentu membuat orang harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan. Khususnya dari belanja sehari-sehari yang merupakan kebutuhan primer bagi orang.

Saat ini meal preparation atau persiapan masak untuk sepekan sedang tren dipakai untuk menghemat bahan belanja masakan. Tapi ternyata, ada makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama karena dibekukan di freezer. Berikut enam makanan yang bisa disimpan di freezer seperti dilansir dari laman Metro UK.

1. Mentega

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seringkali mentega disimpan di suhu ruang. Tapi ternyata, mentega asin bisa bertahan hingga sembilan bulan jika dibekukan dan mentega tawan bisa bertahan hingga enam bulan. Caranya pun cukup mudah, tinggal bungkus rapat dengan alumunium foil dan simpan di freezer.

2. Bumbu basah dan cincang

Tentu kita akan bersalah jika membuang bumbu-bumbu basah seperti bumbu putih dan bumbu merah atau bawang dan cabai yang sudah dipotong karena sudah terlanjur basi. Namun menyimpannya di freezer adalah cara ninja agar tak ada lagi bumbu basah yang terbuang.

Caranya adalah bumbu basah disimpan di wadah kering dan tertutup. Berada di freezer membuatnya tidak terpengaruh oleh kelembaban dan tetap segar kapanpun kita butuhkan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, baik itu asin, tawar, segar atau kemasan, bisa disimpan di freezer hingga sembilan bulan. Caranya dengan menyimpan kacang-kacangan di dalam ziplock dan simpan di freezer. Jangan lupa cairkan dulu dengan cara didiamkan di suhu ruang atau defrost jika ingin menggunakannya.

4. Makanan yang dipanggang

Siapa yang tidak suka brownies dan cookies? Kue yang dipanggang ini ternyata bisa bertahan dalam jangka waktu tiga bulan dengan cara disimpan di freezer.

5. Keripik

Keripik sudah hampir masuk tanggal kadaluarsa? Jangan khawatir, dengan menyimpan keripik di freezer bisa membuatnya bertahan lebih lama meski sudah melewati tanggal kadaluarsa.

6. Keju

Keju blok dan keju parut dapat bertahan selama tiga hingga enam bulan di dalam freezer. Namun membekukan keju bisa membuat teksturnya menjadi rapuh.

Untuk itu, ada baiknya untuk mencairkan keju dan tutup dengan wadah rapat sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Untuk keju parut, bisa diakali dengan menambah tepung dan aduk sebelum memasukkannya ke freezer.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image