8 Kegiatan Pengisi Ramadhan untuk Siswa di Jabar, Orang Tua Wajib Tahu!

Info Terkini  
Kadisdik Jabar Dedi Supandi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di acara Program Ramadhan
Kadisdik Jabar Dedi Supandi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di acara Program Ramadhan

BANDUNG----Untuk mengisi momentum Ramadhan 1443 H, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, membuat berbagai program agar siswa/siswi bisa melakukan berbagai kegiatan yang postif.

Sejumlah agenda telah disiapkan di bulan puasa 2022 ini sebagai upaya penumbuhan budi pekerti di lingkungan satuan pendidikan Jabar.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, Pemprov Jabar menggelar Smartren Ramadhan dalam rangka mewujudkan Jabar juara lahir batin. Di mana kegiatan ini pun melibatkan siswa dan siswi termasuk tenaga kependidikan di Jawa Barat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kegiatan ini dilaksanakan hampir dalam satu bulan penuh mulai tanggal 16 April sampai tanggal 11 Mei 2022 dan dilakukan secara daring maupun virtual," ujar Dedi Supandi.

Berikut berbagai program ramadhan yang digelar untuk siswa di Jabar:

1. Agenda pertama Disdik Jabar mengelar Kegiatan Islam di Sekolah (KIDS). Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 5 April dan berakhir 22 April 2022 nanti. KIDS sendiri meliputi kegiatan sholat fardlu dan sunah berjamaah, kajian Al Qur’an, Hadits dan kitab kuning, Pembiasaan Infak, Ifthar bersama.

"Jika memungkinkan dengan memilih salah satu bentuk kegiatan yaitu mendatangkan ajengan ke sekolah, siswa mondok di pesantren, pembinaan di sekolah maupun mengikuti pesantren digital oleh IRMA Jabar," katanya.

2. Pada 5 April hingga 22 April juga mengajak siswa dan siswi melaksanakan Infaq Massal Aktualisasi Masagi (IMAM). IMAM ini adalah program pengumpulan infaq dan sedekah secara massal selama bulan Ramadhan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA/SMK/SLB di Jawa Barat.

3. Penyaluran infaq ini langsung oleh satuan pendidikan kepada yang membutuhkan maupun melalui lembaga resmi penerima infaq sedekah, seperti Baziz, Baznas, Panti Asuhan, Panti Jompo, dan yang lainnya.

"Bukan kita yang mengumpulkan uang infaqnya, silakan siswa dan siswi agar berkreasi, hasil infaq tersebut mau dibuat apa atau mau dibagikan ke mana," katanya.

4. Tujuan utama program ini adalah mengimplementasikan pendidikan karakter Jabar Masagi, yaitu pelajar yang mempunyai fisik yang kuat, otak yang cerdas, hati yang berakhlakul karimah, serta rajin beribadah. Serta membiasakan bagi pelajar dalam berinfaq dan sedekah.

"Kalau dihitung jumlahnya akan luar biasa. Kalau hitungan 1.800.800 siswa saja misalkan, mereka melakukan infaq minimal Rp10 ribu selama bulan Ramadhan ini, nanti akan ada 18 milliar yang terkumpul," katanya.

5. Program selanjutnya, Disdik Jabar mengajak siswa dan siswi untuk berbagi kepada yang membutuhkan selama bulan Ramdhan ini melalui kegiatan Rantang Siswa. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Buka Bersama on The Screen (BUBOS) pada 22 April 2022 nanti.

6. Dalam kegiatan Rantang Siswa, Dedi mengajak peserta didik menyediakan satu makanan untuk tetangga maupun warga yang membutuhkan di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Kendati gerakan ini bernama Rantang Siswa, Dedi mempersilakan siswa maupun siswi memberikan makanan dengan menggunakan wadah apapun asalkan bersih.

"Kalau ada siswa yang mau masak sendiri, itu lebih bagus. Tidak perlu selalu makanan yang digoreng menggunakan minyak, yang terpenting bergizi," katanya.

Nantinya, siswa dapat mendokumentasikan kegiatan ini dan mengupload di instgaram masing-masing dengan menyertakan #RANTANGSISWA.

"Bukan maksudnya riya, karena kami dari panita akan melihat foto dari teman-teman saat melakukan kegiatan Rantang Siswa ini," katanya.

7. Tidak hanya itu, bersamaan dengan kegiatan BUBOS 2022 dan Rantang Siswa tersebut, Disdik Jabar pun melaksanakan Sapa Bataru. Kegiatan ini melibatkan tenaga kependidikan yang berdomisili di perumahan Bakti Padamu Guru (Bataru).

"Kita punya Perumahan Bakti Padamu Guru, dalam satu kawasan perumahan itu guru atau tenaga kendidikan sore hari ngampar di halaman rumah besama keluarga. Nanti buka puasa bersama di halaman rumah, nanti kami dari Disdik Jabar akan monitoring melalui drone," paparnya.

8. Bertepatan dengan Nuzulul Qur'an tanggal 29 April 2022, dilaksanakan Penulisan Mushaf Al Qur'an. Dalam agenda ini, Setiap sekolah menyiapkan guru, tenaga kependidikan dan juga siswa sebanyak 100 orang atau setara 5 juz Al qur’an sebagai perwakilan untuk menulis langsung di sekolah. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image