Ingin Produktif? Coba 6 Cara Ini untuk Awali Harimu

Gaya Hidup  
Ilustrasi. Dok. Pixabay
Ilustrasi. Dok. Pixabay

BANDUNG -- Kegiatan yang dilakukan saat bangun tidur tentu menentukan mood untuk satu hari penuh. Maka tidak ada salahnya mengubah kebiasaan buruk untuk menjadi lebih baik.

Para ahli pun memberikan cara untuk mengubah kebiasaan di pagi hari sebelum bekerja. Berikut kebiasaan yang bagus untuk memulai aktivitas dilansir dari laman Huffpost.

1. Minum air putih

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ahli manajemen waktu dan host siniar It's About Time, Anna Dearmon Kornick mengakui dengan minum air putih untuk mengawali hari akan membuat tubuh menjadi terhidrasi. Sudah banyak disarankan bahwa meminum air putih setelah bangun tidur merupakan hal yang baik. Badan kita kekurangan cairan ketika tidur, maka dengan minum air dapat menghidrasi tubuh. Selain itu, minum air membuat badan kita menjadi lebih segar.

2. Melatih pernapasan

Ahli Produktivitas, Samphy Y memiliki kebiasaan untuk melatih pernapasan dan memusatkan pikiran. Biasanya dilakukan selama sepuluh menit, tapi jika tidak ada waktu, cukup dengan satu menit saja.

Cara melatih pernapasan adalah dengan 4-2-4, empat detik untuk menarik napas, dua detik untuk menahannya dan empat detik membuang napas. Cara ini untuk dapat membantu untuk menjadi lebih rileks dan fokus.

3. Meditasi dan tinjau ulang jadwal

Konsultan produktivitas, Rashelle Isip memberikan saran untuk memulai hari dnegan meditas dan menulis jurnal. Hal ini membantu untuk membuat lebih tenang dalam memulai hari. Meninjau ulang jadwal hari itu pun bisa membuat kita lebih siap memulai hari, dimulai dengan membuat catatan pekerjaan, perjanjian, meeting dan jangan lupa untuk membuat to do list.

5. Tentukan bagaimana hari itu berakhir

Ahli produktivitas, Grace Marshall memberikan saran untuk memulai hari dengan membuat rencana penutup kegiatan hari itu. Dengan membuat agenda harian, membuat kita dapat menyelesaikan semua sesuai rencana dan memberikan kepuasan tersendiri bagi kita.

5. Menulis dan Membaca

Ahli manajemen waktu, Laura Vanderkam memiliki kebiasaan untuk membaca buku sebelum memulai bekerja. Setiap harinya, 3-4 halaman buku dibacanya dan kemudian dilanjutkan dengan menulis apa saja yang dia ingin sebanyak 100-200 kata. Hal ini ternyata membantu untuk menjadi lebih kreatif

6. Melakukan hal yang disukai

Senior editor Vox, Rachel Wilkerson Miler mengubah kebiasaan kurang bagusnya, seperti membuka media sosial, dengan membuka aplikasi khusus berita. Setelah membaca berita, dia bermain teka-teki.

Sebelum bekerja, dia melakukan hal-hal yang diinginkannya untuk menghindari stres berlebih.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image