5 Pantai yang Dekat dengan Bandung, Ada yang Mirip Gurun Pasir Timur Tengah!

Wisata  
Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya

Menjelang libur lebaran, sudah kah menyiapkan lokasi berlibur bersama keluarga? Bagi yang belum memiliki tempat untuk berwisata, pantai bisa menjadi salah satu pilihannya.

Karena, sudah dua tahun semua masyarakat tak bisa kemana-mana. Pastinya, suara ombak di tepi pantai sudah sangat dirindukan.

Provinsi Jabar, ternyata banyak memiliki potensi pantai. Namun, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) punya lima rekomendasi pantai yang dekat dari Kota Bandung. Ini daftarnya:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya terletak di Kabupaten Garut. Pantai ini menjadi salah satu pantai paling dekat dari Kota Bandung, dengan durasi perjalanan kurang lebih 3 jam 50 menit via Jalur Ciwidey-Cidaun atau 4 jam via Jalur Pangalengan.

Pantai Rancabuaya ini, sangat indah karena air lautnya yang memiliki tiga warna yang kontras. Jika dilihat dari dekat, air laut ini sangat jernih. Namun kalau dilihat dari udara akan terlihat perpaduan tiga warna yakni putih, hijau dan biru tua karena berbagai faktor geografis.

2. Pantai Santolo

Ke arah Barat dari Pantai Rancabuaya, ada Pantai Santolo yang masih berada di Garut. Pantai ini juga bisa menjadi alternatif wisata pantai lokasinya tak terlalu jauh dari Bandung.

Dari Bandung, Santolo bisa ditempuh durasi sekitar 4 jam 37 menit via Jalur Ciwidey-Cidaun. Pantai ini menyajikan suasana tenang dengan panorama pantai selatan yang indah dengan biota lautnya yang beragam.

3. Pulau Jayanti

Pantai Jayanti mungkin tak sepopuler pantai Santolo atau Rancabuaya. Padahal, pantai yang terletak di Cidaun, Kabupaten Cianjur ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Pantai Jayanti ini pun, cukup dekat dengan Bandung. Karena durasi tempuhnya sekitar 3 jam 41 menit dari Bandung. Panorama dari Jayanti ini, akan menjadi pemandangan pembuka sebelum menjelajah pantai selatan lainnya, seperti Santolo atau Rancabuaya.

Untuk para traveler ingin merasakan suasana pantai yang tenang, Jayanti bisa menjadi pilihan.

4. Pantai Sayang Heulang

Masih di selatan Jawa Barat, Pantai Sayang Heulang menjadi salah satu destinasi pantai yang dekat dengan Kota Bandung. Jarak tempuhnya sekitar 4 jam 57 menit jika ditempuh lewat jalur Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Bentang alamnya sangat menawan. Selain itu, terdapat gundukan pasir yang eksotis sehingga kerap dijuluki 'Sahara van Garut. Sekilas mirip Parangkusumo di Bantul DIY, yang bisa dimanfaatkan traveler untuk berfoto seperti di gurun pasir timur tengah.

5. Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali di Kabupaten Subang. Pantai ini, menjadi salah satu pantai yang paling dekat dari Kota Bandung yang berada dalam daftar ini. Sebab, waktu tempuh ke pantai ini hanya memakan waktu sekitar 2 jam 37 menit via Tol Cipularang dan Jalan Raya Pantura.

Ciri khas Pantai Pondok Bali ialah hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Aneka kegiatan yang bisa di lakukan oleh patra wisatawan seperti berenang, memancing di laut. Pemandangan saat matahari tenggelam pun menjadi incaran wisatawan. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image