PSY Ungkap Awal Kolaborasi 'That That' dengan Suga

Korea  
PSY dan Suga. Dok. Instagram
PSY dan Suga. Dok. Instagram

SEOUL -- PSY menggelar konferensi pers jelang perilisan album barunya, PSY9th pada Jumat (29/4/2022). PSY menceritakan perjalanan albumnya yang memiliki banyak kolaborasi dengan musisi Korea Selatan.

Tittle track 'That That' pun dipilih PSY dari hasil kolaborasinya bersama member BTS, Suga. Dilansir dari laman Allkpop, PSY pun mengungkapkan awal kolaborasi itu terbentuk.

"Saya menerima pesan dari Suga, dia bilang ingin jadi produser lagu saya, itu sekitar musim gugur tahun lalu," kata PSY.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saat itu, Suga sebenarnya tengah sibuk-sibuknya bersama BTS. Bahkan sebagai produser, Suga memiliki proyek individu bersama musisi lain seperti Heize, IU, dan Lee Sora.

"Dia membangun karir yang impresif dan mengesankan sebagai seorang pembuat musik," kata PSY.

Saat itu Suga meyakinkan PSY bahwa lagu ini akan sangat cocok dengannya. Dia ingin memproduseri lagu ini dengan memberikan lagu instrumen That That pada PSY. Saat itu juga PSY sadar bahwa lagu itu akan mengesankan.

"Saat itu jadi perdebatan dimana saya ingin menjauh dari genre musik EDM, tapi saya juga tidak cocok dengan lagu bertempo lamvat. Jadi saya belajar tentang genre latin sampai akhirnya Suga memberikan lagu itu," kata PSY.

Saat itu PSY bersyukur Suga datang tepat waktu. Dia pun mengapresiasi profesionalisme Suga dalam membagi jadwal padatnya untuk menggarap lagu itu.

PSY turut membocorkan behind the scene dari video musik That That. Dia mengakui syuting musik video pada Maret lalu di sebuah lapangan pasir di Incheon.

"Incheon di pertengahan Maret memiliki cuaca yang sangat dingin dan ada hujan pada pagi harinya. Karena hujan itu pasir jadi lebih mudah menjadi lumpur dan sekali melangkah lumpur itu akan masuk ke kaki," kata PSY.

"Setiap saya melihat musik video itu, saya bersyukur Suga memberikan banyak effort," kata PSY.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image