Ini Amalan Sunah di Hari Jumat, Salah Satunya Kata Ustadz Adi Hidayat Membaca Al Kahfi

Agama  
Ustadz Adi Hidayat
Ustadz Adi Hidayat

BANDUNG---Hari Jum’at adalah hari penuh kemuliaan. Bahkan dalam Al Qur’an sampai disebut Sayyidul Ayyam atau pemimpin para hari.

Pada hari Jum’at di bulan syawal ini, sebaiknya mari perbanyak amalan yang dikerjakan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Salah satunya membaca Al Qur’an. Terutama surat Al Kahfi.

Ustadz Adi Hidayat menyarankan, agar di hari Jumat ini banyak membaca Surat Al Kahfi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Ada sunah membersihkan diri, untuk laki-laki misalnya, tipiskan kumis kucur kumis, rapikan jenggotnya dan mandi, seperti halnya mandi janabah (mandi junub atau besar),” ujar UAH sapaan akrab Ustadz Adi Hidayat yang dikutip dari akun Youtube Ceramah Pendek, Jum’at (13/5).

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat adalah amalan yang sangat besar pahalanya. Karena, dengan terbiasa membaca maka akan semakin tahu makna dari isinya.

Hal ini juga bisa menjadi motivasi tersendiri karena pada hakikatnya membaca satu huruf Al-Quran saja akan mendapatkan 10 kebaikan sebagaimana dijelaskan dalam H.R. Tirmidzi.

Sama halnya dengan kaum laki-laki, ustadz yang akrab disapa UAH ini menyarankan kaum perempuan membaca surat Al Kahfi saat menyambut hari Jumat.

Ada lagi amalan cerdas yang pahalanya akan tetap mengalir yaitu sedekah. “Amalan yang mengalir sampai meninggal dunia, disebut dengan sodakoh jariyah,” kata UAH.

Selain itu, UAH pun menyarankan untuk membersihkan diri salahsatunya dengan memotong kuku. "Dan diantara semua itu juga berlaku untuk perempuan juga seperti memotong kuku," saran UAH.

Di dalam ajaran islam terdapat adab dalam memotong kuku, UAH mencontohkan agar memulai memotong kuku dari tangan kanan kemudian dilanjutkan ke tangan kiri.

"Di mana mulailah memotongnya dengan dari kuku tangan yang kanan dulu kemudian dilanjut memotong kuku tangan kiri," katanya. Arie Lukihardianti

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image