Jangan Abaikan Gejala Ini, Bisa Jadi Hepatitis

Gaya Hidup  
Ilustrasi. Dok.Pixabay
Ilustrasi. Dok.Pixabay

BANDUNG -- Hepatitis akut tiba-tiba menyerang khususnya pada anak. Menurut laporan dari laman Mirror UK, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) juga belum mengetahui penyebab kenaikan hepatitis yang secara tiba-tiba ini.

WHO menyatakan bahwa kemnungkinan terdapat 300 kasus yang tersebar di 20 negara yang berbeda. Menurut laporan Health Bosses lebih dari setengah kasus hepatitis terjadi di UK, dengan 163 orang terdeteksi sejak tanggal 1 Januari 2022.

Tidak ada korban jiwa dalam kasus di UK ini, tetapi dikhawatirkan 11 orang membutuhkan transplantasi hati dan 13 orang anak masih dalam perawatan di Rumah Sakit, 88 sembuh total.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua kesehatan UK mengatakan bahwa muntah-muntah dan sakit kuning merupakan gejala yang umum dialami oleh anak dalam perawatan Rumah Sakit yang mengalami radang hati. Saat ini virus bernama adenovirus sedang dalam penelitian lebih lanjut.

Virus ini dapat menyebabkan sakit tenggorokan, infeksi telinga, dan radang perut/usus. UKHSA (UK Health Security Agency) mengatakan bahwa sebelumnya tidak pernah terjadi hepatitis disertai dengan infeksi adenovirus pada anak. Tetapi hal ini masih harus di teliti lebih lanjut.

Kemudian anjing peliharaan juga disebut bisa menjadi kemungkinan terjadinya hepatitis saat ini. Sebagian besar anak yang terkena kasus ini memiliki anjing sebagai binatang peliharaannya. Karena dari 92 kasus, sebanyak 64 memelihara anjing. Dimana tiga perempat lainnya mengatakan sudah konsumsi paracetamol.

UKHSA mengatakan Sebagian besar kasus ini terjadi pada anak dibawah lima tahun. Tetapi tidak menutup kemungkinan hal ini dapat terjadi pada anak diatas lima tahun.

Gejala umum yang terjadi pada anak penderita hepatitis ketika datang ke Rumah Sakit:

1. Sakit kuning dengan persentase 71 persen

2. Muntah dengan persentase 63 persen

3. Kotoran BAB berwarna pucat 50 persen

4. Lesu 50 persen

5. Diare 45 persen

6. Sakit sekitar perut 42 persen

7. Mual 31 persen

8. Demam 31 persen

9. Gejala pernapasan 19 persen

Anak yang terkena hepatitis terbukti telah terinfeksi adenovirus tipe 41, yang dapat menyebabkan permasalahan di perut menurut dugaan awal. Namun sebelum hepatitis, gejala berikut merupakan dampak dari adenovirus:

1. Sakit sekitar perut

2. Muntah

3. Mual

4. Diare

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image