4 Makanan Ini Cocok untuk Diabetes Tipe 2

Gaya Hidup  
Ilustrasi. Dok. Pixabay
Ilustrasi. Dok. Pixabay

BANDUNG -- Diabetes merupakan penyakit yang punya dampak besar dalam tubuh. Kebanyakan penderita penyakit ini mengidap diabetes tipe 2 yang mempengaruhi kadar gula dalam tubuh.

Tubuh menggunakan gula untuk energi, dimana pukul 3 hingga 8 pagi menjadi waktu yang penting dalam menyiapkan gula untuk dipakai seharian. Untuk itu, penting untuk menyantap makanan yang tepat untuk para penderita diabetes tipe 2 ini.

Tidak menjaga kadar gula darah bisa membuat organ lain terpengaruh seperti jantung, ginjal dan penglihatan terganggu. Dilansir dari laman Mirror, berikut empat makanan yang bisa disantap saat sarapan bagi para penderita diabetes tipe 2.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Oats

Oats adalah sumber serat makanan yang membantu untuk mengurangi respon insulin, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur lipid darah. Penderita diabetes tipe 2 pun memiliki efek metabolisme gandum setelah mengkonsumsi oats.

Dalam penelitian yang diterbitkan National Library of Medicine menyebut terdapat pernurunan signifikan dari baseline pada kelompok intervensi oat dan penurunan yang siginifikan dibandingkan dengan subyek kontrol.

2. Alpukat

Mengkonsumsi alpukat untuk mengawali aktivitas merupakan pilihan sempurna. Alpukat bisa menurunkan gula darah karena memiliki vitamin, nutrisi dan serat.

Alpukat pun memiliki karbohidrat yang rendah untuk stabilitas gula darah. Dalam alpukat memiliki lemak tak jenuh tunggal yang juga ditemukan dalam minyak zaitun.

3. Chia

Biji chia penting untuk kesehatan karena merupakan sumber serat yang kaya membantu mencegah lonjakan gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa biji chia mengurangi glukosa darah sebesar 39 persen.

4. Telur

Jurnal Nutrition Research and Practice, para peneliti menetapkan bahwa konsumsi telur secara teratur dapat meningkatkan glukosa darah bagi penderita diabetes tipe 2. Para peneliti menemukan bahwa satu telur sudah cukup untuk mengurangi risiko kondisi tersebut.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image