9 Manfaat Eucalyptus, Wangi Eril Saat Dimandikan Ridwan Kamil

Gaya Hidup  
Daun eucalyptus. Dok. Healthline
Daun eucalyptus. Dok. Healthline

BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjemput jenazah Emmeril Kahn Mumtadz yang akhirnya ditemukan di Bendungan Engehalde Sungai Aare, Bern, Rabu (8/6/2022). Saat memandikan eril, Emil menyebut jenazah Eril utuh dan wangi daun eucalyptus.

Daeun eucalyptus adalah cikal bakal dari minyak eucalyptus yang memiliki banyak manfaat. Pohon eucalyptus sendiri berbeda dengan pohon kayu putih. Pohon eucalyptus berasal dari Australia dan tubuh subur di daerah tropis termasuk di Indoensia.

Dilansir dari laman Healthline, berikut 9 manfaat dari eucalyptus.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Redakan batuk

Dalam bentuk minyak, eucalyptus digunakan untuk meredakan batuk. Saat ini sudah banyak obat yang dijual dari minyak eucalyptus. Caranya adalah dengan mengoleskan ke dada dan tenggorokan untuk meredakan gejala batuk.

2. Mengeluarkan dahak

Saat batuk tentu dahak akan menyesakkan dada. Minyak eucalyptus bukan hanya meredakan batuk tapi juga mengeluarkan dahak. Caranya pun hampir sama dengan meredakan batuk, untuk mengeluarkan dahak, selain oleskan ke dada dan tenggorokan, coba hirup uap air panas yang sudah ditetesi minyak eucalyptus.

3. Jauhkan serangga

Nyamuk dan serangga lain tentu bisa membawa penyakit berbahaya bagi kesehatan. Bahkan saat ini demam berdarah tengah merajalela di tengah musim pancaroba. Minyak eucalyptus bisa menjadi pilihan untuk menangkal serangga dan nyamuk. Caranya pun tinggal gosokan minyak ke seluruh tubuh.

4. Disinfeksi luka

Penduduk asli Australia menggunakan daunu eucalyptus untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Namun kini sudah banyak produk turunannya yang juga diformulasikan khusus sebagai luka bakar ringan atau cedera lain yang masih bisa dirawat di rumah.

5. Melegakan pernapasan

Selain mengeluarkan dahak, uap air yang dicampur dengan minyak eucalyptus pun bisa digunakan untuk melegakan pernapasan. Para penderita asma dan sinusitis bisa menggunakan cara itu untuk melegakan pernapasan. Namun cara ini tentu perlu ditinjau lebih lanjut karena penderita alergi pada eucalpytus justru bisa memperburuk asma.

6. Mengontrol gula darah

Ternyata minyak eucalyptus dapat berpotensi sebagai pengobatan diabetes. Para ahli mengklaim bahwa eucalytpus memiliki peran untuk menurunkan gula darah.

7. Menangkan luka dingin

Sifat antiinflamasi dalam eucalyptus bisa meredakan gejala herpes. Oleskan minyak eucalyptus ke luka dingin untuk mengurangi rasa sakit can mempercepat proses penyembuhan.

8. Menyegarkan mulut

Pernah mencoba meminum minyak eucalyptus? Meski bukan dalam takaran banyak, nyatanya minyak eucalytpus bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Kandungan minyak eucalyptus bisa melawan kuman, menyerang bakteri penyebab kerusakan gigi dan membantu mencegah penumpukkan plak dalam gigi dan gusi. Kini sudah banyak produk pasta gigi yang meggunakan kandungan eucalyptus di dalamnya.

9. Meringankan nyeri sendi

Penelitian menunjukkan bahwa minyak eucalyptus dapat meredakan nyeri sendi. Sama seperti pasta gigi, kini sudah banyak salep dan balsem yang menggunakan kandungan eucalyptus untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan sendi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image