BTS Akan Hiatus Sebagai Grup Demi Fokus Karir Solo

Korea  

SEOUL -- Boyband Korea Selatan fenomenal, BTS mengumumkan hiatus mereka sebagai grup. Pengumuman itu bertepatan dengan pesta debut mereka ke-9 pada Selasa (14/6/2022).

Dilansir dari laman Naver, BTS merilis video 'Steamed BTS Dinner' lewat kanal YouTube resmi mereka, BANGTAN TV. Konten ini merupakan bagian dari rangkaian BTS Festa, konten peringatan debut mereka.

BTS memulai debutnya pada 13 Juni 2013 dan selalu merayakan ulang tahunnya selama bulan Juni setiap tahunnya. Di bulan ini pun BTS merilis album antologi Proof sebagai pembuktian pencapaian mereka selama 9 tahun terakhir.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya mendengar banyak dari teman-teman tentang alasan perilisan album antologi ketika debut tahun ke-9, tentu bukan hanya penggemar tapi juga banyak orang yang penasaran," kata RM.

Dia mengakui pada awalnay promosi ON akan mengunjungi beberapa negara seperti India dan Australia. Tapi karena bertepatan dengan pandemi Covid-19, semua rencana gagal dan BTS pun turut frustasi.

Hal ini pun membuat BTS putar otak karena dampak dari pandemi tersebut. Suga bahkan tidak bisa membicarakan apa yang terjadi selama pandemi berlangsung.

"Ada situasi tertentu yang tidak berjalan ketika kami melakukan pilihan tertentu, tapi ada penyesalan jika tidak melakukannya. Nominasi 'Grammy Awards', jadi mari kita coba, kita mencoba dan kembali tidak berhasil. Saya pikir saya sedikit lelah dengan situasi itu, saya seharusnya tidak menyesal dengan pilihan yang saya buat," kata Suga.

BTS pun mengalihkan topik dengan asrama yang mereka tinggali akan segera habis kontrak. Mereka mengenang kembali masa-masa awal ada di asrama tersebut hingga akhirnya menjadi seperti sekarang.

Pembicaraan pun kemudian semakin mmendalam ketika menuju nasib BTS di kemudian hari. Suga mengakui ingin mencoba sesuatu yang baru seperti mengubah genre musik. Sementara Jin merasa seperti mesin setelah melakukan kegiatan grup. Padahal dia memiliki hobi dan hal-hal yang ingin dia lakukan.

"Saya pikri konten yang disebut solo akan diubah menjadi album jika dibuat dengan sungguh sungguh. Apapun bentuknya, tapi debut solo terlalu muluk-muluk, pada kenyataannya, konten yang disiapkan sebagai solo ternyata lebih banyak masukan daripada kebanyakan album," kata RM.

RM mengakui terlambat memutuskan bahwa setiap member akan melakukan solo debut. Namun debut sebagai solo memang tidak bisa terpisahkan dari member setiap boyband atau girlband manapun.

"Sebenarnya kami terlambat, sepertinya wajar jika disebukan disini akan ada perubahan jalan, terlalu sulit untuk keluar sebagai artikel," katanya merujuk pada setiap anggota mempersiapkan album solo.

J-Hope akan menjadi member pertama yang melakukan solo dengan membuat promosi album penuh. Dimana mixtape atau lagu-lagi solo ini akan dibuat album resmi oleh para member.

"Saya berharap jalan ini akan terus panjang, mixtape tidak mudah didengarkan oleh platform korea. Saya harap lagu (solo) yang pernah rilis sebelumnya dapat diunggah ke situs musik Korea," kata J-Hope.

Meski akan memilih jalan masing-masing untuk debut solo, namun BTS berjanji akan tetap meneruskan konten asli BTS seperti BTS Run. Jungkook mengakui debut sebagai grup memang menyenangkan. Tapi pada satu titik, ada masa untuk kembali bersenang-senang sebagai grup.

"Saya bertemu dengan grup yang bagus, saya berharap untuk memiliki lebih banyak pengalaman menyenangkan di masa depan. Saya ingin mengucapkan terima kasih karena ini berkat ARMY yang selalu mendukung kami," kata Jungkook.

"Masing-masing akan memiliki waktunya sendiri, hingga akhirnya waktu yang akan membawa kita kembali. Saya tidak tahu kami akan kembali, tapi seharusnya akan ada waktunya untuk berbicara," kata Jungkook.

Artinya, BTS belum memiliki rencana kapan kembali sebagai grup ketika setiap member telah melakukan debut solo. Jungkook mengakui ini adalah waktu bagi setiap member untuk berkembang.

"Akan ada hari ketika masing-masing dari kami memiliki sesuatu yang pribadi, menghabiskan waktu menyenangkan dan membangun pengalaman baru serta tumbuh dan akhirnya kembali," kata Jungkook.

Di akhir video, setiap member memberikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf jika keputusan itu mengecewakan para penggemar. Namun mereka sadar bahwa itu adalah keputusan yang sulit bukan hanya ARMY tapi juga BTS.

"Tapi kalian akan mengerti segalanya," kata Suga.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image