Termasuk Flare, Panpel Persib Evaluasi Laga Perdana

Stadion  
Budi Bram Rachman.
Budi Bram Rachman.

BANDUNG -- Persib Bandung menahan imbang Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Ahad (12/6/2022). Selain catatan untuk tim sebagai evaluasi, panitia penyelenggara pertandingan turut mendapatkan bahan evaluasi.

Hal itu diakui oleh general coordinator panpel pertandingan Persib untuk Grup C Piala Presiden, Budi Bram Rachman. Di antaranya adalah kecolongan panpel karena adanya flare yang masuk ke stadion.

"Ya memang itu jadi catatan ya, yang pasti itu kecolongan lah ya, jadi catatan pihak keamanan, dari federasi, yang pasti harus diperbaiki otomatis," kata Bram di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (15/6/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Catatan itu pun memberikan solusi agar panpel memperketat penonton yang masuk. Selain itu panpel pun telah melalukan evaluasi pada sebuah pertemuan untuk pertandingan selanjutnya.

"Ya, makanya kita terus berkoordinasi dengan pihak keamanan kan mereka juga pihak keamanan mengeluarkan analisis dan evaluasi, mungkin pertandingan berikutnya harus seperti apa," kata Bram.

Akibat flare tersebut Persib dihantui oleh sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Namun menjelang pertandingan Persib selanjutnya, belum ada kabar soal sanksi tersebut.

Sorotan lain yang diakui menjadi bahan evaluasi adalah bocornya berbagai titik pintu yang membuat tribun yang seharusnya bersih justru terisi. Bahkan tak sedikit orang yang memiliki tiket justru harus menonton dengan berdiri.

"Ya itu jadi catatan, jadi pehatian semua pihak terutama pihak keamanan karena kita seperti yang sudah diketahui hanya diperbolehkan menggunakan Stadion GBLA itu lantai bawah saja," kata Bram.

"Tapi kenyataannya seperti itu kami sudah dapat masukan dari pihak keamanan untuk diteruskan ke pihak pihak panitia pelaksana di lapangannya," tegasnya.

Bahan evaluasi itu pun akan diterapkan pada laga Persib selanjutnya. Dimana Persib akan menghadapi Persebaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, pada Jumat (17/6/2022)

"Ya keamanan juga hasil analisis dan evaluasi, ada pertimbangan lain bahwa kita berkoordinasi dengan Panpel di lapangan itu misalnya dengan internalnya harus lebih intens lagi," kata Bram.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image