Berawal dari Bintik-Bintik Kecil di Jari, TikTokers Ini Bagikan Pengalamannya Sensitif Bawang

Serba Serbi  
Dok. Pixabay
Dok. Pixabay

BANDUNG -- TikTokers asal Bandung, Sabilla Mahsa membagikan pengalamannya jarinya melepuh karena bawang. Melalui akun TikTok-nya @emakemakmicin, Sabilla mencurigai adanya bintik-bintik pada jarinya seperti kutu air pada Agustus 2021 lalu. Hal ini membuatnya merasa perih dan panas jika menyentuh sabun dan sampo.

Hingga akhirnya dia menutup luka tersebut yang justru memperparah kondisinya. Dia pun menemukan informasi tentang gejala tersebut melalui akun lain yang berbagi pengalaman serupa.

"Katanya bisa jadi karena sabun atau detergen. Aku gantilah semua merk sabun tapi ga ngaruh," ujar Sabilla.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hingga akhirnya wanita yang berprofesi sebagai MUA ini mendapatkan sumber penyebabnya secara tidak sengaja. Dimana dia yang tidak masak selama dua pekan justru membuat kondisi jarinya membaik.

"Pas aku masak lagi, potong bawang, tiba-tiba kambuh lagi gatal-gatalnya dan muncul lagi kutu airnya. Ternyata aku jadi sensitif sama bawang," kata Sabilla.

Seiring mengetahui sumbernya karena bawang, ternyata bintik-bintik itu menjalar ke jari lainnya. Hingga akhirnya ibu dari dua anak ini pun selalu menggunakan sarung tangan plastik setiap memasak.

"Sekarang kalau masak harus pakai perlindungan seperti ini (pakai sarung tangan), karena setiap kena bawang sedikit muncul lagi gejalanya," kata Sabilla.

Sabilla pun menanyakan pada netizen apakah mengalami hal serupa. Ternyata, video ini pun viral dan ditonton 3,2 juta kali dan mendapatkan 26,2 ribu komentar yang berisi diskusi soal penyakit serupa.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image