Intip Rumah Seni Ropih, Gallery Pelopor Penjualan Lukisan di Braga

Wisata  
Dok. Humas Pemkot Bandung.
Dok. Humas Pemkot Bandung.

BANDUNG -- Jalan Braga, Kota Bandung menjadi jalan yang memikat setiap pengunjungnya. Menjadi pusat wisata, wisatawan pun dapat menemui banyak penjual lukisan di sepanjang Jalan Braga.

Namun tahukan anda, bahwa ada gallery yang menjadi pelopor penjualan lukisan. Adalah Rumah Seni Ropih, gallery yang didirikan oleh Abah Ropih pada 2000-an silam.

Pengelola Rumah Seni Ropih, Tata mengakui awal mula banyaknya penjual lukisan di sepanjang Jalan Braga awalnya untuk pameran seni. Namun karena terkendala dana, maka munculah ide untuk memamerkannya di jalanan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Berawal dari niat untuk menunjukkan lukisan yang dibuat, namun untuk menunjukkan di pameran saat itu terkendala oleh dana karena pameran memerlukan banyak biaya. Sehingga muncullah ide untuk melakukan pameran di jalanan yaitu di Jalan Naripan depan Gedung Sarinah," kata Tata dari laman resmi Pemkot Bandung.

Abah Ropih kemudian mengajak seniman lainnya untuk memerkan karyanya. Hingga akhirnya merambah hingga Jalan Braga.

"Kemudian Abah Ropih mengajak seniman lain untuk ikut menunjukkan dan menjual karyanya hingga merambah di sepanjang Jalan Braga," kata Tata.

Kini sudah ada sepuluh pedagang lukisan dari ratusan seniman yang menjual lukisan di sepanjang Jalan Braga. Tata mengakui Braga dipilih karena memiliki nilai sejarah bagi seniman di Kota Bandung.

"Pementasan seni pertama di Bandung pun dilaksanakan di Braga sehingga Abah Ropih memilih Braga untuk berjualan lukisan," kata Tata.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image