Bandung Kembali Tambah Ruang Publik, Ini Lokasinya Dilengkapi Aqua Scape!

Bandung Pisan  
Ruang publik Ciko Arena 1/Humas Pemkot Bandung
Ruang publik Ciko Arena 1/Humas Pemkot Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus menambah ruang publik. Terbaru, Bandung meresmikan ruang publik di area situ Otong Kawasan Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal.

Ruang publik ini dibangun di lahan bekas penertiban bantaran sungai. Peresmian ruang publik yang diberi nama Ciko Arena 1 ini, dilakukan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Senin 25 Juli 2022.

Ruang Publik Ciko Arena 1 di Kelurahan Binong dibangun dilahan seluas 1367 meter. Peresmian Ditandai dengan melepas perahu oleh Wali Kota Bandung, Dansektor 22 Citarum Harum, DPRD Kota Bandung, beberapa kepala OPD dan komunitas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Pemerintah Kota Bandung berkomitmen memaksimalkan fungsinya dan menjadikan situ ini sebagai fasilitas umum, yakni dengan membuat aquascape sebagai ekosistem air tawar yang dipadukan dengan seni dekorasi berbagai unsur penunjangnya," ujar Yana.

Di ruang publik Ciko Arena 1 tersebut, kata dia, dibangun taman bawah air (aqua scape) dan pump track. Hal ini sebagai upaya memaksimalkan fungsi Situ Otong sebagai tempat bermain, berolah raga, dan berekreasi dan sarana wisata

"Selain itu, Situ Otong ini juga bisa memberikan manfaat untuk resapan air untuk sumber air dan mudah-mudahan bisa menjadi fasilitas publik yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun," katanya.

Yana mengatakan, pembangunan ruang-ruang publik di Kota Bandung merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak mulai dari pemerintah, komunitas dan berbagai lintas sektor lainnya.

"Mudah-mudahan semangat kolaborasi ini, bisa kita tingkatkan untuk membangun ruang-ruang publik ini terus kita lakukan di masa-masa mendatang," katanya.

Yana berharap, berbagai fasilitas dan publik yang telah dibangun dapat dipelihara dan dijaga oleh semua pihak.

"kuncinya adalah bagaimana kita semua memelihara tempat ini karena jangan sekedar kita bisa membangun tapi tentu kita juga harus mampu memelihara," kata Yana.

"Semoga bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat kota Bandung," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Yudi Cahyadi mengapresiasi dan menyambut baik diresmikannya ruang publik baru tersebut.

"Ini adalah mengimplemetasian salah satu visi Kota Bandung yaitu nyaman. Pemanfaatan tata ruang kota Bandung maka area-area publik seperti ini sangat dibutuhkan," kata Yudi.

Yudi berharap, pembangunan ruang ruang publik ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

"Hal yang sudah ditorehkan oleh Pemerintah Kota Bandung dengan kolaborasinya dengan berbagai pihak ini bisa kemudian dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat kota Bandung," katanya.

Berita Terkait

Image

Bandung Masih Aman dari Cacar Monyet, Ini Tips Cara Menghindarinya

Image

Prakiraan Cuaca Jabar 15 Februari 2022, BMKG Ingatkan Hujan Disertai Petir Ini Daerahnya

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image