Tiga Spot River Tubing di Jabar Rekomendasi Smiling West Java, Ini Biayanya

Wisata  
Ilustrasi arung jeram
Ilustrasi arung jeram

Bagi Anda pecinta berbagai aktivitas di air saat liburan, mungkin menjajal arung jeram sudah biasa. Selain arung jeram, ternyata masih ada aktivitas kegiatan olah raga di air yang bisa dicoba saat mengisi liburan yakni river tubing.

Tentu akan timbul pertanyaan, apa perbedaan River tubing dan arung jeram. Berikut perbedaanya, River tubing sebenarnya merupakan salah satu jenis olah raga air yang taak begitu jauh dengan arung jeram. Bedanya, arung jeram dilakukan dengan cara berkelompok di atas perahu karet di aliran sungai yang mengalir deras.

Sedangkan, river tubing dilakukan dengan naik ban masing-masing mengikuti aliran sungai yang tenang dan lebih rileks. Oleh karena itu river tubing dinilai lebih aman, tapi sensasinya tidak kalah asyik dengan arung jeram.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Smiling West Java merekomendasikan tiga spot river tubing yang bisa dijajal berikut lokasinya:

1. Sungai Cikuluwung Bogor

Sungai Cikuluwung Bogor, objek wisata river tubing yang berlokasi di Jalan Gunung Menir, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Di sana ada paket river tubing untuk anak-anak.

River tubing Fun Ride jaraknya hanya sekitar 100 meter untuk dua kali balikan dengan harga sekitar Rp 55 ribu per orang. Sarana ini bisa melatih keberanian anak-anak terhadap air di Sungai Cikuluwung yang airnya tenang nan jernih. Jangan khawatir, anak-anak dipakaikan pelampung agar lebih aman saat beraktivitas di air.

Sedangkan untuk orang dewasa, river tubing Adventure Ride harganya berkisar Rp 127.000 per orang untuk minimal enam orang peserta. Pengelola akan memberikan harga khusus seiring dengan makin banyaknya jumlah peserta yang ikut.

Untuk orang dewasa, jalur river tubing dengan sajian keasrian alam Bogor akan berjarak sekitar 800 meter hingga 1 kilimeter. Disarankan untuk melakukan konservasi minimal tiga hari sebelum kegiatan untuk memastikan jalur river tubing aman.

Salah satu yang menarik dari river tubing adalah wisatawan bisa langsung 'recharge' dengan memesan kopi dan aneka kuliner yang disajikan oleh pengelola Kopi Tubing.

Karena, tak hanya menyajikan river tubing, di sini juga ada restoran dan spot foto instagramble dengan latar persawahan yang alami.

2. Sungai Ciherang Purwakarta

Adrenalin kamu bakal terpacu di Sungai Ciherang, tepatnya di Kampung Tanjaknangsi, Desa Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Spot wisata ini bisa menjadi escape run away kamu di akhir pekan.

Tapi, siapkan stamina dan fisik yang kuat, karena river tubing di sini bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan jalur penelusuran sepanjang 4,5 KM. Tapi jangan khawatir, pengelola wisata dari Ngamprak River Adventure akan memandu secara profesional.

Para pemandu juga akan bersiaga di sepanjang aliran sungai untuk memastikan wisatawan tetap aman selama mengikuti aliran Sungai Ciherang yang arusnya agak deras. Perlu dicatat, wisatawan akan diberikan helm dan jaket pelampung sebelum berpetualang.

Sensasi memacu adrenalin dan pemandangan alam yang disuguhkan membuat penyusuran dua jam lebih tak terasa. Tahu-tahu, ban yang dinaiki sudah memasuki titik finis di wilayah Kampung Babakan, Desa Raharja. Dari sini wisatawan akan kembali diangkut ke titik start.

Untuk merasakan sensasi dataran tinggi Purwakarta di Sungai Ciherang, wisatawan bisa merogoh kocek sekitar Rp 120.000. Di sana juga tersedia penginapan dan tempat menyantap sate maranggi yang menjadi kuliner khas Purwakarta.

3. Sungai Santirah Pangandaran

Sungai Santirah di Pangandaran akan membuat semua terpana dengan pemandangan relief kars dan sungai berwarna hijau yang menambah sensasi kesegaran.

Akses menuju Santirah hanya 13 kilometer dari pusat kota Pangandaran dengan taksiran 35 menit perjalanan. Lokasi tepatnya terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Tak hanya relief kars, air terjun yang meluncur dari kanan dan kiri bakal menambah keseruan river tubing di Santirah. Penyusuran 1,5 KM di Sungai Santirah ini juga dihiasi dengan eksplorasi gua yang cukup panjang dan gelap.

Setelah menghanyutkan diri di Santirah, kamu juga bisa merasakan nikmatnya nasi liwet dengan lauk ikan atau ayam bakar, sambel terasi, goreng ikan asin yang menggugah selera. Stamina bakal lebih cepat pulih dengan air kelapa yang menjadikan momen bersantap lebih nikmat.

Santirah bisa dilalui memakai kendaraan pribadi dan mobil umum dari Pangandaran jurusan Parigi. Menggocek uang sekitar Rp 20 ribu.

Untuk harga river tubing berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 135.000 per orang dengan rombongan minimal 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk pemandu, tiket wisata, parkir, peralatan river tubing, asuransi, makan nasi liwet, dan dokumentasi.

Fasilitas di tempat wisata juga sudah lengkap, penginapan, terdapat beberapa gazebo dan loker untuk menyimpan barang dan bersantap setelah river tubing, dan juga telah terdapat toilet yang memadai dan juga warung-warung kecil.

Akhir pekan nanti, tak ada salahnya kan mencoba wisata river tubing ini. Yuks kesana.

Berita Terkait

Image

Prakiraan Cuaca Jabar 15 Februari 2022, BMKG Ingatkan Hujan Disertai Petir Ini Daerahnya

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image