Wali Kota Dorong RS Kembangkan Fasilitas Agar Wisata Medis Terus Tumbuh di Bandung

Wisata  
Wali Kota Bandung saat menghadiri Edelweiss Health Festival di Atrium Trans Studio Mall (TSM)
Wali Kota Bandung saat menghadiri Edelweiss Health Festival di Atrium Trans Studio Mall (TSM)

BANDUNG---Kota Bandung, hingga saat ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit di Jabar. Bahkan, Bandung tak hanya dikunjungi karena wisatanya yang cukup menarik, tapi juga karena fasilitas kesehatannya.

Saat ini, banyak warga dari dalam atau luar negeri datang ke Bandung untuk berobat. Oleh karena itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana, mendorong agar rumah sakit (RS) terus melengkapi fasilitasnya. Apalagi, beberapa maskapai telah siap membuka penerbangan internasional ke Bandara Husein Sastranegara. Tapi, hingga saat ini pihaknya belum menerima izin penerbangan internasional ke Bandung tersebut secara resmi.

"Kami sudah upayakan agar penerbangan internasional ke Bandung dibuka. Dua bulan lalu kami sudah melakukan pertemuan dengan pihak bandara dan lainnya untuk rencana pembukaan penerbangan internasional ini," ujar Yana kepada wartawan di acara Edelweiss Health Festival di Atrium Trans Studio Mall (TSM), Jalan Gatot Subroto, akhir pekan ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yana menilai, pembukaan penerbangan ini diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisman ke Bandung terutama dari Malaysia dan Singapura. Sehingga, Bandung sendiri tak hanya menjadi tujuan wisata, tetapi juga menjadi tujuan untuk berobat atau keperluan kesehatan.

Apalagi, kata dia, saat ini banyak fasilitas kesehatan di Bandung. "Fasilitas kesehatan di Bandung cukup banyak dan lengkap. Ini menjadi saya tarik tersendiri," katanya.

Menurutnya, beberapa maskapai telah bersedia membuka penerbangan langsung, seperti Malindo, Air Asia, Malaysia Airline, dan lainnya. Secara infrastruktur juga sudah cukup siap untuk layanan penerbangan langsung Bandung ke Malaysia atau Singapura.

"Dengan pembukaan maskapai penerbangan tersebut, maka orang yang akan berobat di Bandung akan semakin mudah," katanya.

Yana Mulyana mengapresiasi dukungan semua rumah sakit salah satunya, Edelweiss Hospital terhadap pelayanan kesehatan bagi warga Bandung. Terutama, dalam dua tahun terakhir saat Pandemi Covid-19.

“Dari 30 Faskes, Edelweiss Hospital ikut serta menangani pasien Covid-19,” kata Yana.

Sementara menurut Chief Medical Cervices Group Edelweiss Healthcare Group dr Budi Setiawan Djamhoer,

kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan (faskes) cukup tinggi. Apalagi untuk wilayah perkotaan seperti Bandung.

Oleh karena itu, kata dia, dalam waktu dekat Edelweiss Hospital akan memperluas cakupan pelayanan dengan cara membangun RS di kawasan Caringin Bandung dan Kabupaten Cianjur.

"Kami Edelweiss terus berupaya meningkatkan layanan dan fasilitas kesehatan di Bandung. Dalam waktu dekat, kami juga akan bangun rumah sakit di sekitar Caringin. Insya Allah 2023 pembangunan untuk 2 RS tersebut sudah dilakukan. Sekarang masih tahap perizinan,” paparnya.

Menurutnya, saat pandemi lalu, Edelweiss melayani banyak pasien umum dan Covid-19. Bahkan, Edelweiss tercatat menjadi rumah sakit kelima di Jabar dengan pasien terbanyak selama pandemi.

"Kami akan terus memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat mendapatkan layanan kesehatan secara maksimal," katanya.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image