Twitter Circle: Close Friend Versi Twitter

Serba Serbi  

BANDUNG -- Pernah ingin nge-tweet tapi hanya ingin dilihat oleh pengguna tertentu? Jika iya, maka Twitter telah mengabulkan keinginan itu.

Twitter mengeluarkan fitur Twitter Circle pada Rabu (31/8/2022). Fitur ini sama seperti close friend milik Instagram.

Dilansir dari laman Slash Gear, Twitter telah menyimpan fitur ini untuk seluruh pengguna baik melalui Android, iOS, dan Web. Twitter Circle bisa menambahkan 150 orang dalam circle, dimana mereka saja yang hanya melihat dan berinteraksi dengan tweet yang kita buat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pengguna yang ingin dihapus dari Twitter Circle pun tidak akan mendapatkan notifikasi. Twitter menyebut fitur baru ini sebagai pilihan tepat untuk membatasi tweet bagi pengguna.

Fitur ini sudah diuji coba sejak Mei lalu. Perusahaan mengklaim fitur ini mendorong pengguna yang mendapatkan kesempatan uji coba untuk lebih banyak membuat tweet dan memiliki lebih banyak interaksi dengan pengguna lainnya.

Fitur ini sebagai jawaban atas pengguna yang termasuk dalam kelompok rentan atau komunitas berisiko dikritik secara brutal di depan umum. Tentunya fitur ini lebih membebaskan pengguna dalam berekspresi selain mengubah akun menjadi private.

Meski demikian, fitur ini masih memiilki kekurangan, yakni satu-satunya jalan pengguna keluar dari Twitter Circle adalah pengguna yang memasukkan anda ke dalam Circle-nya. Artinya, kita tidak bisa keluar begitu saja dari Twitter Circle pengguna lain.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pastikan aplikasi Twitter sudah di-update. Akan ada Twitter Circle yang berisi daftar akun yang telah pengguna pilih untuk masuk dalam Circlenya. Saat membuat tweet, pastikan pojok kiri atas sudah diganti dari 'All Followers' menjadi 'Cicle'.

Selain itu, seseorang bisa memasukkan kita sebagai Circle-nya meski kita bukan followers mereka. Untuk membuat tweet hanya dilihat oleh Circle, yang perlu dilakukana dalah tombol pilihan untuk memilih apakah tweet akan diposting secara umum atau hanya untuk Circle saja.

Setiap postingan yang telah dibuat nantinya hanya bisa dilihat dan dibalas oleh Circle pengguna. Sehingga setiap tweet yang diposting melalui Circle, tidak dapat di-retweet oleh Circle pengguna.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image