Cabang Disdik Wilayah III Jabar akan Rutin Gelar Edu dan Job Fair, Ini Alasannya

Umum  
Kegiatan Edu dan Job Fair di KCD Wilayah III akan rutin digelar
Kegiatan Edu dan Job Fair di KCD Wilayah III akan rutin digelar

Dinas Pendidikan Jabar dalam hal ini Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III Jawa Barat turut serta dalam mencetak generasi emas menuju 2045 mendatang. Salah satu upaya yang dilakukan, dengan membuat kegiatan Edu dan Job Fair secara rutin.

Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah III Jawa Barat, Asep Sudarsono, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian KCD Wilayah III Jabar untuk membantu para pelajar agar dapat menentukan langkah selanjutnya setelah selesai menempuh pendidikan akhir.

Berkaca pada kesuksesan sebelumnya, kata Asep, pihaknya berencana menjadikan Edu dan Job Fair sebagai kegiatan rutin yang digelar setahun sekali. Tahun ini, Edu dan Job Fair telah dilaksanakan di Haris Convention Hall Summarecon, Bekasi pada 9 Maret lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Edu dan Job Fair akan dijadikan Kegiatan rutin karena setelah dievaluasi kegiatan tersebut cukup efektif dan efisien dalam memberikan edukasi kepada para siswa. Insya Allah tahun yang akan datang kegiatan tersebut akan digelar lagi,” ujar Asep Sudarsono, dalam siaran persnya.

Asep Sudarsono mengatakan, Edu Fair bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa, umumnya SMA yang ingin melanjutkan studinya ke pergururan tinggi sesuai dengan kompetensi yang akan ditekuninya. Sedangkan Job Fair, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa umumnya SMK yang dipersiapkan untuk masuk Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA).

“Tidak hanya siap secara skill tapi mereka juga harus mempunyai karakter dan sikap mental yang andal,” katanya.

Awal mula digelarnya Edu dan Job Fair sendiri, kata Asep, berangkat dari inisiatif kerja KCD III Jabar lantaran melihat kegiatan serupa kerap kali dilaksanakan oleh masing-masing sekolah sehingga kurang efektif. Dengan dipusatkannya kegiatan tersebut di tempat yang representative, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan pihak DUDIKA dengan skala yang lebih besar untuk terlibat.

“Terlebih dengan lingkup KCD wilayah III Jabar yang luas, kita membawahi 589 SMA, SMK dan SLB Negeri dan Swasta. Tentu dengan berbagai macam tantangannya,” katanya.

Menurutnya, di Edu dan Job Fair perdana yang telah dilakukan, terdapat 4.000 siswa yang hadir pada acara. Termasuk didukung oleh 10 perusahaan industri, 20 perguruan tinggi, dan 10 SMK yang memiliki produk kreatif di Jawa Barat pun ikut berpartisipasi.

”Jadi goal terbesarnya itu, melalui Edu dan Job Fair dapat meningkatnya tamatan SMA yang masuk Perguruan Tinggi serta meningkatnya tamatan SMK yang masuk DUDIKA,” katanya.

Dalam Edu dan Job Fair yang dilaksanakan pada Maret 2022 lalu, dibuka langsung oleh Atalia Praratya Kamil yang mewakilkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Sementara menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi, tujuan diselenggarakannya Edu dan Job Fair ini untuk memberikan informasi kepada pelajar kelas 12 untuk menentukan arah karir selanjutnya.

“Tujuan acara ini sebagai wadah pelayanan informasi kepada siswa kelas 12 untuk merencanakan pendidikan dalam pengembangan karir sesuai keinginan dan cita-cita pelajar,” katanya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image