Jaga Ketertiban, 155 CCTV Siap Pantau Keamanan Kota Bandung

Bandung Pisan  
Operator ATCS sedang memantau CCTV
Operator ATCS sedang memantau CCTV

Kota Bandung saat ini memiliki salah satu layanan unggul yang dikenal dengan nama Area Traffic Control System (ATCS). Bahkan ATCS ini kerap menyisipkan candaan, ATCS memiliki daya tarik tersendiri dalam menyampaikan imbauan dan sosialisasi terkait tertib lalu lintas.

Koordinator Operator ATCS, Yance Arvian menjelaskan, ATCS mengelola lebih dari 200 CCTV.

"Jumlah CCTV yang aktif ada 155, sedangkan non aktif dan masih dalam perbaikan ada 138 CCTV. Jadi, totalnya kami mengelola 293 CCTV di ruas persimpangan besar Kota Bandung," kata Yance.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebanyak 17 petugas yang terbagi dalam tiga shift dikerahkan untuk memantau CCTV lalu lintas di Kota Bandung.

"Pelayanan ATCS melihat bagaimana kelancaran tertib lalu lintas dan situasi kondisi lalin pada saat itu melalui CCTV. Kita juga memberikan imbauan tertib berlalu lintas bagi masyarakat apabila ada suatu hal kejadian di persimpangan," katanya.

Untuk memantau dan memastikan keamanan lalu lintas, ATCS berkolaborasi dengan jajaran Polrestabes Bandung, PMI, dan Dinas Kebakaran. Bahkan, melalui CCTV, ATCS bersama polisi berhasil meringkus pelaku pembegalan di beberapa titik.

"Salah satunya dengan Polrestabes Bandung kita pernah mengungkapkan kejadian kriminal pembegalan. Korbannya sampai meninggal karena penusukan," katanya

"Melalui CCTV ini gambaran para pelaku bisa diketahui, sehingga pelakunya sudah tertangkap," imbuhnya.

Selain memberikan imbauan tertib lalu lintas, ATCS juga menyediakan layanan akses CCTV bagi masyarakat yang membutuhkan. Namun, tentu ada beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi jika masyarakat ingin mengakses CCTV ATCS.

"Jika ada CCTV khusus yang ingin diakses oleh masyarakat, silakan ajukan surat ke Dinas Perhubungan. Jika surat sudah diterima oleh sekretariat akan didisposisi ke Bidang. Baru turun ke Seksi Bidang ATCS," katanya.

Ia mengatakan, bagi masyarakat yang membutuhkan akses CCTV persimpangan lalu lintas, segera datang ke kantor ATCS maksimal 14 hari pascakejadian.

Sebab, rekaman CCTV yang dimiliki ATCS hanya bertahan 14 hari sampai sebulan.

"Kami juga mengimbau bagi masyarakat yang membutuhkan rekaman CCTV untuk segera datang ke ATCS. Sebab video CCTV hanya bertahan dalam kurun wakti satu bulan bahkan dua pekan tergantung spek kamera," katanya.

Setelah surat disposisi masuk ke bagian ATCS, saat itu juga pelayanan akses CCTV yang dibutuhkan bisa dilakukan.

Selain itu, ATCS Kota Bandung juga memiliki beberapa pelayanan khususnya untuk memantau situasi lalu lintas, serta edukasi tertib lalu lintas bagi anak-anak sekolah.

"Nama programnya Sabtu Seru. Diikuti anak-anak sekolah dari jenjang SD-SMA. Isinya edukasi mengenai keamanan lalu lintas. Sehingga kita bekerja sama dengan jajaran kepolisian laka lantas maupun reskrim," katanya.

Ia juga berpesan agar masyarakat Kota Bandung selalu bisa tertib berlalu lintas. Pihaknya melaui ATCS selalu memantau 24 jam untuk memastikan lalu lintas di Kota Bandung berjalan aman.

"Kami terus menyosialisasikan dan mengedukasi untuk sama-sama melaksanakan ketertiban lalu lintas khususnya di Kota Bandung," katanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image