Disdik Pamerkan Produk Unggulan Ratusan SMK di Jabar di Bandara Kertajati

Umum  
Pameran SMK Jabar di Bandara Internasional Jabar Kertajati
Pameran SMK Jabar di Bandara Internasional Jabar Kertajati

BANDUNG---Dinas Pendidikan Jabar sukses menggelar pameran Explore SMK Jabar Juara 2022 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Kamis 15 Desember 2022 hingga 17 Desember 2022.

Acara yang memamerkan berbagai karya dari SMK Negeri dan Swasta di Jawa Barat ini dihadiri ribuan pengunjung. Tema yang diusung adalah Eksplorasi dalam Kreasi dan Inovasi. Peserta yang hadir, mulai perwakilan sekolah, perguruan tinggi, perbankan hingga industri.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi, terdapat 220 SMK dari sejumlah daerah di Jabar yang terlibat dalam Explore SMK Jabar Juara 2022. Yakni, baik itu SMK Pusat Keunggulan, Non Pusat Keunggulan dan SMK berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dedi mengatakan, terdapat 133 both yang mamerkan produk SMK mulai dari kategori teknologi, pertanian, hospitaly, ekraf, kelautan hingga industri.

"Luar biasa ternyata ada 133 both dengan berbagai macam kreasi dari mula dari kategori teknologi, pertanian, hospitaly, ekraf, kelautan hingga industri. Semua yang kurang lebih dari 220 sekolah," ujar Dedi Supandi, Kamis (15/12).

Menurutnya, melihat cukup banyak produk unggulan yang dipamerkan, maka penambahan SMK berstatus BLUD di Jabar yang saat ini berjumlah 35 SMK kian terbuka.

"Ini adalah puncaknya kita lakukan pameran hasil produk karya anak-anak SMK," kata Dedi.

Dedi menjelaskan, gelaran Explore SMK Jabar Juara 2022 merupakan buah dari berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh pihaknya selama kurun waktu satu tahun ke belakang. Termasuk dengan hadirnya 17 kurikulum industri untuk menopang Teaching Factory (Tefa) pada SMK.

Menurutnya, berkaca dari antusiasme seluruh pihak pada kegiatan Explore SMK Jabar Juara 2022, untuk tahun depan pihaknya akan kembali menggelar kegiatan serupa. Bahkan akan dilaksanakan untuk setiap semester agar kian memacu SMK di Jabar bereksplorasi mencetak produk yang inovatif dan berguna bagi masyarakat.

"Karena nanti akan semakin banyak industri kedepannya justru akan mengambil langsung anak-anak SMK untuk bisa bekerja di tempatnya," katanya.

Di sisi lain, kata Dedi, pihaknya terus mempersiapkan SDM di SMK agar sesuai dengan keinginan industri. Sehingga ketika menuntaskan sekolah kelak, para lulusan sudah langsung siap bekerja.

"Ternyata luar biasa. SMK itu bisa, SMK itu hebat dan saya punya keyakinan SMK itu siap kerja," katanya.

Diketahui, dalam upaya mewujudkan semangat SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Juara, Disdik Jabar berkolaborasi dengan sejumlah pihak, seperti Perguruan Tinggi, perbankan, industri, pengusaha hingga komunitas. Bahkan beberapa di antaranya skala internasional.

Dalam gelaran ini, Disdik Jabar berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Pendamping di antaranya Seameo, Polindra, Akademi Tata Boga Bandung, ITB dan IPB. Termasuk juga dengan sejumlah industri di antaranya PT Samsung, PT LSKK, PT Skyline Semesta dan Telkomsel.

Agar lebih mengoptimalkan potensi SMK Jabar agar memiliki daya saing, pada kegiatan ini juga dilakukan dua Perjanjian Kerjasama, yaitu dengan PT Electronic Science Indonesia tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi Melalui Program Bca Cash Management Academy.

Termasuk juga dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk tentang Pemanfaatan Aplikasi BJB Disentra sebagai Media Belajar Kewirausahaan dan Literasi Perbankan pada SMK di Provinsi Jawa Barat.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image