Bandung Siap Konversi Angkot Jadi Mikrobus, Ini yang akan Dilakukan

Bandung Pisan  
Ilustrasi BRT
Ilustrasi BRT

BANDUNG---Pemerintah Kota Bandung siap mengonversi angkot menjadi mikrobus. Program layanan transportasi publik berupa mikrobus atau yang dikenal dengan istilah Bus Rapid Transit (BRT) ini, akan meluncur pada 2024.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Dadang Darmawan, optimalisasi transportasi mikrobus berfungsi untuk mengonversi angkot.

"Hitungannya kalau mikrobus bisa untuk 20 penumpang. Sementara angkot sekarang itu 10 penumpang. Sehingga dari dua angkot itu, sekitar 20 penumpang bisa dikonversi oleh satu mikrobus," ujar Dadang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dadang mengatakan, rencana transformasi angkutan baru diusulkan hadir di 2024. Pemkot Bandung bekerja sama dengan koperasi-koperasi angkutan di Kota Bandung untuk menyelaraskan program ini.

"Biaya operasionalnya kita usulkan dari APBD, sementara armadanya dari pihak operator dalam hal ini koperasi angkutan," kata Dadang.

Sehingga pada 2024 akan dilakukan uji coba BRT di 6 rute dengan melibatkan koperasi angkutan.

"Ini juga sebagai upaya kita untuk terus komunikasikan agar bisa menyiapkan angkutan feeder di Kota Bandung menyongsong LRT nanti," katanya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image