Atasi Banjir, Tahun Ini Pemkot Bandung Bangun Empat Kolam Retensi Ini Lokasinya

Bandung Pisan  
Kolam retensi Andir jadi salah satu upaya untuk mengatasi banjir/Humas Pemkot Bandung
Kolam retensi Andir jadi salah satu upaya untuk mengatasi banjir/Humas Pemkot Bandung

BANDUNG--Pemkot Bandung terus berupaya untuk mengendalikan banjir. Menurut Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM Kota Bandung) Didi Ruswandi, salah satu upaya yang dilakukan adalah pihaknya tahun 2023 akan membangun kolam retensi di empat lokasi.

"Pertama, pembangunan kolam retensi di Kompleks Margahayu Raya," ujar Didi.

Sedangkan tiga lainnya, kata dia, kolam retensi akan dibangun di Pasar Leuwipanjang, Pasirkoja, dan Rancabolang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Terbaru, kami telah meresmikan Rumah Pompa Cironggeng di Jalan Cingised Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik," katanya.

Sementara menurut Wali Kota Bandung Yana Mulyana, pihaknya menyambut positif peresmian infrastruktur di Kota dan Kabupaten Bandung sebagai upaya penanganan banjir dan macet.

Untuk diketahui, Pemerintah Pusat meresmikan 4 infrastruktur tersebut, antara lain Fly Over Kopo di Kota Bandung, Kolam Retensi Cieunteung, Kolam Retensi Andir, dan Floodway Cisangkuy di Kabupaten Bandung, Ahad 5 Maret 2023.

Peresmian dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo, dan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum, Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

“Alhamdulillah. Tentunya semoga bermanfaat positif bagi Kota Bandung dan juga Kabupaten Bandung,” kata Yana.

Di sisi lain, kata Yana, beragam upaya telah dilakukan, di antaranya membangun 9 kolam retensi baru, 22 sumur resapan dalam, 647 sumur resapan dangkal, dan 3.706 drumpori.

Selain itu, kata dia, Pemkot Bandung juga rutin mengeruk saluran air, serta menghadirkan rumah pompa air yang siap siaga ketika banjir.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image