Bandung Gencar Vaksinasi Unggas di 60 Titik, Ini Penyebabnya

Bandung Pisan  
Petugas bersiap untuk memvaksinasi ayam agar terbebas dari Flu Burung/Humas Pemkot Bandung
Petugas bersiap untuk memvaksinasi ayam agar terbebas dari Flu Burung/Humas Pemkot Bandung

BANDUNG---Kasus flu burung atau Avian Influenza (AI) hingga saat ini masih belum ditemukan di Kota Bandung. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya mengantisipasi agar penyakit yang menyerang unggas itu tak masuk ke wilayah Kota Bandung.

Salah satunya, Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung telah melakukan vaksinasi unggas di 60 titik.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefuloh, pihaknya sudah melakukan vaksinasi secara rutin untuk pencegahan penularan virus flu burung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Sampai saat ini kita sudah vaksinasi di 60 titik atau sudah 500 ekor ternak ayam dan unggas besar lainnya yang sudah divaksin," katanya.

Wilsandi mengatakan, tidak ada peternak besar di Kota Bandung. Sebagian besar hanya pemelihara.

"Kalau peternak besar di Kota Bandung tidak ada, sehingga untuk pemelihara kita coba menyisir. Kita berharapkan masyarakat yang punya banyak ternak unggas bisa segera melapor ke DKPP untuk mendapatkan fasilitasi vaksinasi," kata Wilsandi.

Menurutnya, para pemilik unggas yang tergabung dalam program Buruan Sae juga akan menjadi target vaksinasi. Saat ini masih tersedia 4.000 dosis vaksin untuk kepada hewan unggas.

Terkait tentang gejala yang dialami unggas jika terkena flu burung, Wilsandi menjelaskan, nafsu makan unggas akan berkurang dan kondisi fisik yang menurun drastis.

"Awal itu nafsu makan berkurang, jengger kemerahan, cairan keluar dari hidung. Jika semakin lama lehernya akan terpelentir," katanya.

Untuk mencegahnya, kata dia, yaitu dengan rajin menjaga kebersihan. Ditambah penggunaan desinfektan jiga pemberian vitamin.

"Untuk terhindar dari virus harus menjaga sanitiasi kebersihan kandang, cahaya yang cukup, tetap kering. Menggunakan desinfektan sekitar kandang, yang utama vaksinasi, juga pemberian vitamin sebagai daya tahan unggasnya terjaga," kata Wilsandi.

Untuk pencegahan kepada manusia, yaitu dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jika terjadi gejaga flu berkelanjutan segera periksa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Sebelumnya, Pemkot Bandung pun telah mengeluarkan surat edaran Sekda Kota Bandung nomor 03-DKPP/2023 tentang kewaspadaan terhadap AI atau Avian Influenza.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image