Ridwan Kamil Datangi Rumah Viral Abah Jajang Berpemandangan Indah, Ini 7 Fakta Curug Citambur

Wisata  
Gubernur Jabar Ridwan Kamil kunjungi rumah viral dengan pemandangan indah milik Abah Jajang/Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil kunjungi rumah viral dengan pemandangan indah milik Abah Jajang/Humas Pemprov Jabar

BANDUNG----Rumah kediaman Abah Jajang, warga Cianjur viral di media sosial (Medsos) karena kediamannya memiliki pemandangan indah dengan menghadap Curug (air terjun) Citambur.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun disela-sela kesibukannya menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah Abah Jajang, akhir pekan lalu.

Ridwan Kamil sempat berbincang dengan Abah Jajang. Ia bercerita, rumah Abah Jajang sempat ditawar hingga miliaran.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kemarin saya ke sana, naik motor tiga jam dari Bandung, memenuhi undangan Abah Jajang, pemilik lahan yang halamannya menghadap langsung air terjun indah ini," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di unggahan instagram pribadinya dikutip, Senin (10/4/2023).

Menurut Emil, rumah dan lahan Abah Jajang sempat ditawar pembeli milyaran rupiah. Namun Abah menolak Karena beliau sudah bahagia lahir batin disana.

"Bahagianya bukan lagi urusan uang, uang dan uang," kata Emil

Emil pun mengapresiasi sikap Abah Jajang yang enggan menjual rumahnya.

"Tidak semua bisa dibeli dengan uang," kata Emil.

Curug Citambur merupakan satu dari 400 air terjun indah di Jawa Barat. Emil pun mengajak warga untuk berwisata mendatangi air terjun indah di Jawa Barat.

"Ada 400-an air terjun di Jawa Barat. Salah satunya adalah Curug Citambur di Cianjur. Mari kunjungi dan jelajahi wisata 400 air terjun di Jawa Barat. Dengan bertanggungjawab tentunya, disiplin kebersihan dan ketetiban," katanya.

Berikut 7 hal soal Curug Citambur yang jarang diketahui dikutip Bandung24jam dari berbagai sumber:

1. Sebagai informasi, Curug Citambur merupakan salah satu permata tersembunyi yang berada di Cianjur Selatan. Curug ini memiliki keindahan, yang seolah membawa siapa pun yang datang ke sana seperti terserap ke negeri dongeng lantaran keindahannya.

2. Konon, nama Citambur dihubungkan dengan legenda setempat, yakni Prabu Tanjung Sanghyang Anginan yang kerap mengunjungi tempat tersebut untuk bersuci dan bersemedi. Kedatangan sang prabu dIikuti oleh pengikutnya yang menabuh alat musik tambur atau dogdog yang bunyinya terdengar hingga ke pelosok desa.

3. Cerita lainnya, nama Citambur berasal dari suara deburan air dari atas tebing yang menghujam bebatuan di bawahnya sehingga menimbulkan bunyi seperti suara tambur.

4. Destinasi wisata ini terletak di Cianjur Selatan, tepatnya di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda. Air terjun ini memiliki tinggi 100 meter, yang membuatnya menjadi curug tertinggi di Jawa Barat dan ketujuh tertinggi di Indonesia.

5. Kontur air terjun yang bertingkat-tingkat berbaur serasi dengan rindangnya pepohonan. Air yang turun dari mata air wilayah Resort Pemangkuan Hanyawar Timur 2 itu sangat jernih. Namun, pengunjung tak disarankan berenang di sana, mengingat derasnya air dan curamnya bebatuan.

6. Kearifan flora dan fauna di wana wisata alam ini masih terjaga. Pohon Rasamala yang merupakan salah satu pohon eksotis dari Tanah Pasundan, tumbuh subur di sini. Begitu pun dengan berbagai jenis hewan seperti kera, luwak hingga kijang pun masih dapat ditemui di wilayah lahan yang dikelola Perhutani itu

7. Untuk sampai di Curug Citambur, disarankan menggunakan kendaraan pribadi dengan kondisi prima, sebab akses jalanan disana yang sempit dan juga berbatuan. Walau kondisi jalanan yang tidak begitu bagus, pemandangan Curug Citambur yang indah dapat membayar itu semua.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image