Ujungberung Dinobatkan Jadi Kampung Bersih Rentenir Pertama di Jabar, Ini Alasannya

Umum  
Warga Ujungberung berbondong-bondong menyerbu bazar murah ramadhan/Humas Pemkot Bandung
Warga Ujungberung berbondong-bondong menyerbu bazar murah ramadhan/Humas Pemkot Bandung

BANDUNG----Warga Ujungberung Kota Bandung wajib berbangga. Karena, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan Ujungberung sebagai kampung bersih rentenir pertama di Jabar.

Hal tersebut disampaikan Kepala OJK Kantor Regional II Jabar, Indarto Budiwitono dalam kegiatan Festival Pasar Murah di Kantor Kecamatan Ujungberung, akhir pekan ini.

"Ini merupakan kampung bersih rentenir pertama di Jabar. Mudah-mudahan ini bisa menjadi jagoan kita di tingkat nasional," ujar Indarto.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Indarto menjelaskan, berdasarkan hasil survei nasional literasi dan inklusi keuangan tahun 2022, di Indonesia secara nasional tingkat literasinya mencapai 49,6 persen.

Menurutnya, hal tersebut menunjukkan rakyat Indonesia sudah memahami produk bank dan risikonya.

"Kalau untuk inklusi keuangan, nasional itu sudah mencapai 85 persen," katanya.

Sedangkan di Jabar tingkat literasinya jauh lebih tinggi dibandingkan nasional yakni 56 persen. Untuk inklusinya mencapai 88 persen.

"Survei ini dilakukan setiap tiga tahun sekali di 2016, 2019, dan 2022," katanya.

OJK, kata dia, sudah memiliki beberapa jasa untuk membantu masyarakat dalam literasi dan inklusi keuangan, salah satunya SLIK (sistem layanan informasi keuangan).

"Kalau mau lihat apakah ada pinjaman di bank atau tidak, lancar atau tidak pembayarannya? bisa langsung datang ke OJK dan mengecek lewat SLIK," katanya.

Perlu diketahui, sejak 2018 Kota Bandung sudah memiliki satgas antirentenir. Bahkan, Satgas ini audah membantu banyak masyarakat yang terjebak oleh 'koperasi ilegal' yang sebenarnya rentenir.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image