Bina Sepakbola Sejak Dini di Jabar, Ridwan Kamil Beri Mandat ke SSB Tertua Pencetak Timnas

Stadion  
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan piala ke tim pemenang Piala Gubernur Jabar 2023/Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan piala ke tim pemenang Piala Gubernur Jabar 2023/Humas Pemprov Jabar

BANDUNG--- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberikan apresiasi kepada UNI Footbal Development yang telah berhasil menyelenggarakan Piala Gubernur Jawa Barat 2023.

Kegiatan ini, menjadi langkah penting dalam mendukung pembinaan sepakbola usia dini di Jawa Barat dan juga di tingkat nasional.

Ridwan Kamil mengatakan, pentingnya kolaborasi dan partisipasi aktif dari berbagai pihak dalam pengembangan sepakbola usia dini. Ia menganggap UNI sebagai salah satu sekolah sepak bola (SSB) tertua di Indonesia telah membuktikan komitmennya pada pembinaan sepakbola usia dini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Pemberian mandat penyelenggaraan Piala Gubernur Jawa Barat kepada UNI Football Development adalah bentuk kepercayaan kami terhadap kemampuan dan dedikasi mereka dalam mengelola kompetisi sepakbola," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Menurutnya, selama 120 tahun SSB ini terus melahirkan pemain timnas. Yakni, dari sejak era R Y Soenaryono, Max Timisela, Adeng Hudaya, Eka Ramdani, Boy Jati, sampai era Beckham Putra dan Febri Haryadi.

"Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada UNI Football Development atas kesediaannya menerima tanggung jawab ini," katanya.

Piala Gubernur Jawa Barat merupakan kompetisi sepakbola bergengsi yang diikuti 88 tim Sekolah Sepak Bola (SBB) di Jawa Barat bahkan di luar Jawa Barat dengan sebanyak 1152 anak usia dini dari Kelompok Umur (KU-9, KU-10, KU-11, KU-12).

Emil juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus berkomitmen untuk pembinaan sepakbola usia dini di Jabar. Yakni, melalui Piala Gubernur ini diharapkan mampu melahirkan bibit-bibit sepakbola yang berkualitas dan mewakili Jawa Barat di tingkat nasional.

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus mengembangkan sepakbola usia dini di daerah ini. Kami berharap Piala Gubernur Jawa Barat dapat menjadi wadah bagi pemain-pemain muda berbakat untuk menunjukkan kemampuan mereka dan membuka peluang lebih luas di dunia sepakbola, dan bisa digelar lebih bagus lebih dan menjadi kompetisi yang paling hebat di Indonesia," paparnya.

Kang Emil yang hadir di Lapang UNI Jebreet Arena ini mengungkapkan bahwa dulunya merupakan kapten di SMA 3 Bandung. Serta, baru-baru ini, salah satu stadion di Jawa Barat yakni Stadion Si Jalak Harupat langsung mendapatkan atensi dari Presiden Indonesia Joko Widodo berkesempatan menjadi salah satu stadion yang menyelenggarakan Piala Dunia U17.

Emil menilai, dari sepakbola bisa mengajarkan anak-anak dalam hal kerja keras, disiplin dan sportifitas.

"Kompetisi sepakbola ini mengajarkan semangat kerja keras, mengajarkan kekompakan tim, sepakbola mengajarkan tidak boleh curang, sepakbola mengajarkan kita mengejar cita-cita dan terakhir, Jawa Barat diberikan penghargaan pembinaan atlet terbaik di Indonesia, " katanya.

Sementara menurut Ketua Pelaksana Piala Gubernur Jawa Barat UNI Football Development, Iwan Jati, pihaknya berterima kasih pada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah mempercayakan SSB UNI untuk menyelenggarakan kompetisi ini.

"Sebuah kehormatan juga bagi UNI yang telah diberikan amanah untuk menggelar kejuaraan sepakbola Piala Gubernur Jawa Barat, semakin meningkatkan kredibilitas UNI sebagai SSB yang berkomitmen kuat pada pengembangan sepakbola tanah air," kata Iwan Jati.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image