Antisipasi Kesulitan Air Bersih Akibat Kemarau, Ini yang Dilakukan Pemkot Bandung

Bandung Pisan  
Bantuan air bersih pada warga yang kesulitan air di kawasan Tamansari Bandung
Bantuan air bersih pada warga yang kesulitan air di kawasan Tamansari Bandung

BANDUNG---Kamarau panjang, seringkali berdampak pada ketersediaan air bersih. Di sejumlah daerah di Kota Bandung, warga mulai kesulitan memperoleh air bersih. Salah satunya di daerah Sindanglaya.

Daerah lain di Kota Bandung yang terdampak musim kemarau dirasakan, oleh Warga di Kelurahan Tamansari. Di sana air untuk kebutuhan sehari-hari sudah berkurang, sumur-sumur di pemukimannya mengering.

Oleh karena itu, Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengintruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), PDAM Tirtawening dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) untuk mengambil langkah menyikapi kebutuhan air bersih yang terdampak kemarau panjang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Terkait ada masalah kebutuhan air bersih, saya minta DLH, PDAM dan DSDABM untuk menyikapi permasalahan air di masyarakat kebutuhan sehari-hari," ujar Ema.

Berikut antisipasi yang dilakukan Pemkot Bandung untuk mengatasi kesulitan warga mendapatkan air bersih akibat kemarau:

1. Plh Wali Kota Bandung, mengingatkan kepada seluruh ASN Pemkot Bandung untuk meningkatkan kepekaan terhadap persoalan yang dirasakan masyarakat, termasuk air bersih.

2. Ema meminta ASN aktif melaporkan kejadian dampak kemarau tersebut agar dapat segera diatasi.

"Tentunya (ASN) untuk peka melihat situasi di lingkungan masyarakat dan persoalan yang terjadi di masyarakat untuk dilaporkan. Kita harus meningkatkan kepekaan terhadap persoalan masyarakat, sebagai bahan informasi untuk segera kita benahi," katanya.

3. Plh Wali Kota Bandung juga mengajak masyarakat untuk bersama bijak dalam menggunakan air. Hal ini dilakukan agar menjaga keseimbangan ekosistem air.

"Agustus ini memang puncak Kemarau, kami berharap masyarakat dapat bijaksana menggunakan air," katanya.

4. Direktur Utama PDAM Tirtawening, Sonny Salimi mengatakan, PDAM Tirtawening telah menyiapkan 14 unit mobil tangki yang dapat dimanfaatkan masyarakat selama 24 jam untuk memberikan pelayanan distribusi air secara gratis.

"Dengan catatan satu tangki untuk 10 Kepala Keluarga. Secara teknis kita sampaikan pada waktunya," ujarnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image