SBM ITB Berikan Beasiswa untuk 30 Lulusan SMA/SMK, Ini Persyaratan dan Cara Mendaftarnya

Umum  
Ilustrasi Beasiswa mini SBM ITB
Ilustrasi Beasiswa mini SBM ITB

BANDUNG----Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 78, SBM ITB memberikan 30 beasiswa bagi lulusan SMA/SMK berpotensi tapi kurang beruntung (underprivileged) untuk mengikuti program mini SBM. Yakni, dengan tagline semua bisa belajar di SBM ITB.

Program yang telah disiapkan sejak awal tahun ini bekerja sama dengan beberapa pihak, termasuk TACO yang terlibat dari fase perencanaan desain pembelajaran hingga memberikan akses untuk mendapatkan kesempatan magang dan berkarir di TACO.

Menurut Donald Lantu, dosen pakar pengembangan kepemimpinan SBM ITB, akses pendidikan berkualitas dunia seperti yang dimilliki oleh SBM ITB harus bisa dinikmati oleh semua, jangan sampai akses ini dibatasi oleh faktor ekonomi, geografis, dan sosial.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Donald mengatakan, ada 4 juta lulusan SMA/SMK tiap tahunnya, tapi tidak sampai 2 juta remaja yang bisa melanjutkan kuliah.

"Melalui program free mini SBM ini SBM ITB ingin memberikan solusi agar mereka mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan tingkat perekonomian dan kehidupan yang lebih baik," ujar Donald.

Berikut syarat dan kriteria untuk bisa mendaftar di program Mini SBM:

1. Program ini dirancang secara khusus selama 6 bulan (bootcamp) di SBM ITB dan 6 bulan magang di Perusahaan. Program ini juga akan dilanjutkan dengan pengembangan karir sehingga akan berdampak jangka panjang untuk peserta.

TACO sebagai perusahaan swasta besar nasional yang bergerak di industri bahan bangunan dan home improvement telah berkomitmen untuk berpartisipasi dalam program ini.

2. Peserta adalah Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat (tahun kelulusan 2020 – 2023) 2

3. Memiliki semangat belajar, bertumbuh dan berkembang

4. Berkomitmen untuk fokus mengikuti seluruh rangkaian program belajar selama 1 tahun .

Calon peserta juga harus mengupload data yang perlu dilengkapi:

1. Riwayat Hidup

2. Essay Motivasi

3. Dokumen lainnya seperti Ijazah SMK & SKHUN (legalisir), Copy KTP, Copy Kartu keluarga, Surat Domisili dari Kelurahan Setempat, Surat Pernyataan Komitmen Program dari Peserta dan Orang Tua dan Surat Rekomendasi dari Sekolah.

4. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link bit.ly/MiniSBM2023.

Menurut Irwan Dewanto, HR Vice President di TACO, program ini merupakan perwujudan dari visi perusahaan untuk menjadi saluran berkah bagi para pemangku kepentingan.

"Selain itu kami juga terlibat didalam proses proses pembelajaran, tidak hanya membantu didalam mendesain kurikulum, bahkan peserta akan mengikuti pemagangan selama 6 bulan di TACO," katanya.

Tentunya, kata dia, proses ini ini akan membantu meningkatkan kualitas calon pegawai. Karena lulusan dari program ini nantinya akan mengikuti kesempatan seleksi untuk menjadi karyawan di perusahaan TACO.

Sementara itu, Yunieta ANainggolan, pakar keuangan dan manajemen pendidikan tinggi dari SBM ITB, mengatakan, nantinya program akan dilengkapi dengan pembelajaran daring berkualitas dunia lainnya yang akan bekerjasama dengan Thunderbird School of Global Management yang memiliki program 100 million learners.

Pembelajaran online untuk pengembangakan keterampilan kerja juga akan disupport oleh startup edutech besar nasional. "SBM ITB sedang mengembangkan kurikulum pembelajaran non-gelar yang mendorong peserta memiliki kemampuan fondasi untuk siap bekerja, memiliki kemampuan memimpin, berkomunikasi, berpikir logis dan memecahkan masalah," kata Yunieta.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image