Microlibrary Bandung Angkat Tema Literasi Antikorupsi, Ini Fasilitas dan Jadwal Operasinya

Bandung Pisan  
Microlibrary Alun-alun Bandung resmi diaktivasi
Microlibrary Alun-alun Bandung resmi diaktivasi

BANDUNG---Microlibrary Alun-alun Bandung resmi diaktivasi, Senin 28 Agustus 2023. Yakni, dengan mengusung Program Edukasi dan Literasi Antikorupsi (Pelita Aksi), menjadi yang pertama di Indonesia.

"Hadirnya Microlibrary ini sebagai komitmen pemerintah menambah sarana prasarana atau fasilitas khususnya dalam upaya meningkatkan kecerdasan dan literasi warga Kota Bandung," ujar Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna saat meresmikan aktivasi Microlibrary Alun-alun Bandung.

Berikut fasilitas dan jadwal operasional Microlibrary Alun-alun Bandung:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Microlibrary Alun-alun Bandung terbuka untuk umum. Buka setiap hari Senin sampai Jumat jam 09.00 - 14.00 WIB dan tidak dipungut biaya atau gratis.

2. Microlibrary Alun-alun Bandung dilengkapi berbagai fasilitas pendukung mulai dari ruang lobby, ruang anak, remaja, dewasa, toilet, rooftop, dan ruang serbaguna dengan luas bangunan 1.200 meter persegi.

3. Sebanyak 7.058 eksemplar buku terdapat di Microlibrary tersebut. Ada sebanyak 600 buku merupakan buku edukasi antikorupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

"Ini merupakan upaya meningkatkan pengetahuan terutama pengetahuan di bidang antikorupsi karena di sini sudah banyak literasi yang kita siapkan. KPK mendukung penuh dan ada beberapa buku yang sudah disebar," katanya.

4. Saat ini indeks literasi dan baca di Kota Bandung yaitu 76 dan masuk pada 5 besar indeks literasi terbaik di Indonesia.

5. Literasi antikorupsi di masyarakat, menurut Ema, sangat penting dalam penguatan integritas manusia dengan budaya menjauhi korupsi guna menghadirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Kota Bandung.

"Dengan masifnya sosialisasi kepada masyarakat bagaimana gerakan antikorupsi mudah mudahan ini menjadi kultur bersama warga Kota Bandung," katanya.

6. Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana mengatakan, microlibrary ini merupakan yang pertama yang bekerja sama dengan KPK untuk edukasi antikorupsi melalui program Pelita Aksi.

7. Hadirnya Microlibrary ini untuk dijadikan percontohan bagi daerah lain dalam upaya edukasi antikorupsi.

"Microlibrary ini merupakan yang pertama dengan semangat kolaborasi ini menjadi salah satu percontohan sehingga kota yang lain," katanya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image