Ini Persyaratan dan Cara Daftar Rusun Cisaranten Bina Harapan, Milenial Juga Bisa

Bandung Pisan  
Ilustrasi Rumah Susun
Ilustrasi Rumah Susun

BANDUNG---Rumah, menjadi kebutuhan bagi semua orang. Namun, harga rumah saat ini masih cukup mahal.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun menggandeng Kementerian PUPR untuk segera membangun Rumah Susun (Rusun) Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung.

Kota Bandung jadi kota pertama atau pilot proyek kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Rusun Cisaranten Bina Harapan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut Persyaratan dan Cara Daftar Rusun Cisaranten Bina Harapan:

1. Masyarakat umum berdomisili di Kota Bandung berpengahasilan minimal Rp 4 juta, dengan surat pernyataan belum mempunyai rumah bisa mendapatkan rusun tipe studio dengan cicilan mulai dari Rp1,35 juta/bulan.

2. Proyek Rusun Cisaranten Bina Harapan akan mulai kontruksi pada 2024 dan di estimasikan tahap pertama dapat di huni pada 2025.

3. Rencananya rusun ini akan dibangun 1.879 unit, termasuk 8 unit difable dengan menggunakan skema SKBG yaitu kepemilikan atas unit sarusun di atas barang milik negara, dengan jangka waktu tertentu dengan sasaran Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Rusun ini diperuntukan untuk wargi Bandung, sudah disiapkan lima tower dengan 1879 unit. Ketika kurang nanti mudah-mudahan pak menteri (PUPR) bisa nambah lagi, karena memang masih ada lahan di sebelahnya,” ujar Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan, R. Haryo Bekti Martoyoedo.

4. Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, Pemkot Bandung berkomitmen untuk membantu pembangunan rusun bisa terealisasi dan termanfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan rumah layak bagi warga Kota Bandung.

"Ini adalah bagian kontribusi Kota Bandung melalui pengelolaan air bersih dan limbah serta kemudahan perizinan. Ini garansi, saya kontrol betul," kata Ema saat membuka Bandung Properti Industri Expo di Paris Van Java (PVJ) beberapa waktu lalu.

"Lahan pemakaman pun kita pikirkan oleh pemerintah kota. Kami juga siap menjadi fasilitator dengan pihak lain untuk keperluan lainnya," imbuhnya.

5. Ema mengajak seluruh warga Kota Bandung untuk memanfaatkan peluang untuk mendapatkan hunian dengan harga terjangkau melalui Rusun Cisaranten.

"Kami mengajak masyarakat memanfaatkan peluang ini sebaik baiknya, kami mencoba semaksimal mungkin dengan data terverifikasi, ini untuk kebaikan dan kepentingan masyarakat," ungkapnya.

6. Sebagai informasi, Rusun Cisaranten Bina Harapan dibangun di atas lahan sekitar 3,2 hektar milik Kementerian PUPR. Adapun lokasi Proyek ada di Jalan Golf Raya Blok A No 5 RW 10, Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, Kota Bandung, di jalan penghubung (Jl. Golf Raya) dengan 2 jalan arteri, Jl. AH Nasution dan Jl. Soekarno Hatta.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image