Gempa Bumi M2,9 Guncang Kabupaten Bandung

Info Terkini  
Ilustrasi gempa bumi Kabupaten Bandung Jabar
Ilustrasi gempa bumi Kabupaten Bandung Jabar

BANDUNG---Gempa bumi tektonik terjadi di Kabupaten Bandung-Jabar dan sekitarnya, Rabu, 6 September 2023 pukul 18:35:54 WIB. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2,9. Episenter terletak pada koordinat 7.14 LS dan 107.64 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 Km Tenggara Kab-Bandung-Jabar pada kedalaman 11 Km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal setempat," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto.

Hartanto mengatakan, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cibereum, Pangalengan, Kertasari, dan Pacet dengan Skala Intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," katanya.

Hingga pukul 19:04 WIB, kata dia, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

"Kami merekomendasikan kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Pastikan, kata dia, informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG).

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image