Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Bapas Kelas l dan BNN Bandung Tes Urine 92 Pegawai

Umum  
Tes urine/Humas Pemkot Bandung
Tes urine/Humas Pemkot Bandung

BANDUNG--- Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Bandung bekerja sama dengan BNN Kota Bandung menggelar pemeriksaan tes urine. Hal itu dilakukan, untuk mewujudkan Inpres Nomor 2 Tahun 2020, tentang rencana aksi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Pemeriksaan tes urine tersebut dilakukan kepada 92 pegawai di Kantor Bapas Kelas I Jalan Ibrahim Adjie, Senin 18 September 2023.

Menurut Kepala Bapas Kelas I Bandung, Dasep Rana Budi mengapresiasi BNN Kota Bandung yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Pelaksanaan tes urine ini memang sangat diperlukan. Karena tugas di tempat ini saling bergesekan dengan klien penyalahgunaaan narkoba," katanya.

Menurutnya, dari jumlah 3.551 klien di Bapas ini, 1.000 terpidana, di antaranya adalah kasus narkoba.

Oleh karena itu, kata Dasep, pelaksanaan tes urine ini sebagai bentuk pengecekan dan pengawasan terhadap perilaku-perilaku anak buahnya.

"Kami berharap hasil dari tes urine ini, tidak ada pegawai yang terindikasi menyalahgunakan narkoba. Karena sebagai ASN, kami harus memberikan contoh yang baik pada masyarakat," katanya.

Sementara menurut Ketua Tim Pelaksana, Saras Putri Utami, permasalahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba ilegal, merupakan ancaman dan perlu ditangani secara serius.

"Tentu diperlukan dukungan dan partisipasi seluruh elemen masyarakat, baik lingkungan keluarga, pendidikan, instansi pemerintah, swasta, aparat keamanan dan sebagainya," ujar Saras yang juga sebagai Subkoor Bidang P2M BNN Kota Bandung.

Penanganan permasalahan itu dengan Program P4GN, kata Saras, merupakan suatu strategi negara untuk menangani permasalahan tersebut.

"Kegiatan tes urine ini merupakan implementasi dari Inpres Nomor 2 Tahun 2020 yang bertujuan sebagai deteksi dini dalam upaya mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba, khususnya di lingkungan lapas," katanya.

Proses pengambilan sampel dimulai pukul 09.00 WIB dan rampung pada pukul 11.00 WIB.

Hasil dari pengambilan sampel pada 92 pegawai Bapas Kelas I Bandung, seluruhnya dinyatakan negatif.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image