Peringati Hari Jadi Kota, Pj Wali Kota Nyekar ke Pendiri Bandung Ini Tujuannya

Serba Serbi  
Pj Wali Kota Bandung Bambang ziarah ke makam leluhur/Humas Pemkot Bandung
Pj Wali Kota Bandung Bambang ziarah ke makam leluhur/Humas Pemkot Bandung

BANDUNG---Memperingati Hari Jadi Kota ke-213 Bandung (HJKB), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar ziarah ke makam leluhur pendiri Bandung.

Lokasinya, tidak jauh dari pusat Kota Bandung atau Alun-Alun. Terletak di Jalan Dalem Kaum, merupakan makam pendiri Kota Bandung yang juga Bupati Bandung ke-6 (1794 – 1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah VI (Dalem Kaum).

Pada kegiatan 'nyekar' tersebut Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono berdoa sekaligus menaburkan bunga. Turut mendampingi Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga seluruh camat se-Kota Bandung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ziarah dilanjutkan ke makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar. Makam Bupati Bandung pertama Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641 -1709) yang bersebelahan dengan Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

"Hari ini kita melaksanakan rangkaian Hari Jadi Kota Bandung (HJKB). Kita sedang ziarah kepada pendahulu," ujar Bambang di sela-sela melaksanakan ziarah, Kamis 21 September 2023.

1. Bambang mengatakan, Kota Bandung menjadi seperti saat ini atas perjuangan para leluhur.

"Kota Bandung tidak akan seperti sekarang, kalau tidak ada pendahulu kita," katanya.

2. Bambang mengajak generasi penerus, untuk mendoakan dan memberikan kontribusi bagi Kota Bandung.

"Mari kita doakan, saat ini sebagai generasi penerus bisa mewujudkan dan memberikan nilai manfaat bagi kesejahteraan warga Bandung," katanya.

3. Ziarah dilanjutkan ke Dayeuhkolot, ada tujuh makam pemimpin Bandung, yakni Ratu Wiranatakusumah (Raja Timbanganten ke-VII), Bupati Bandung ke-1, yaitu Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641-1709) atau Raden Astramanggala, Rd. Tumenggung Anggadiredja II (Bupati Bandung ke-IV), Rd. Adipati Wiranatakusumah I yang bernama asli Anggadireja III (Bupati Bandung ke-V), Rd. Demang Sastranegara (Patih Bandung), Rd. Rg. Somanegara (Patih Bandung), dan Rd. Demang Suriadipradja (Hoofd Jaksa Bandung).

4. Sedangkan di Kabupaten Garut yakni berziarah ke makam Dalem Ardikusumah I (1681-1704) dan Dalem Anggadireja II (1747-1763).

Makam Dalem Ardikusumah I berlokasi di Timbanganten, dan makam Dalem Anggadireja II berlokasi di Kelurahan Jayawaras, Kecamatan Tarogong Kidul.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image