Kasus Kebakaran Naik Capai 223, Diskar PB Minta Warga Waspada

Bandung Pisan  
Diskar PB Minta masyarakat waspada kebakaran karena udara lebih panas
Diskar PB Minta masyarakat waspada kebakaran karena udara lebih panas

BANDUNG---Fase El Nino, masih menyebabkan suhu udara lebih panas. Oleh karena itu, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Kebakaran (Diskar PB) Kota Bandung mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada bencana kebakaran.

Menurut Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, Yusuf Hidayat, dalam kurun waktu Januari hingga September 2023 tercatat 223 kejadian kebakaran. Jika dibandingkan tahun 2022, kejadian kebakaran saat ini cukup tinggi. Pada 2022, kejadian kebakaran berjumlah 195 kejadian.

"Dibandingkan tahun 2022, memang tahun ini meningkat. Kita berupaya untuk menekan angka kebakaran dengan mitigasi," ujar Yusuf.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Ini harus kita antisipasi, apalagi situasi kemarau panjang, angin kencang ini potensi (kebakaran) bisa terjadi. Kejadian ini variatif, ada di pemukiman dan kawasan umum. Penyebabnya juga sama variatif," imbuhnya.

Oleh karena itu, Yusuf mengimbau masyarakat memeriksa sejumlah hal yang berpotensi memicu terjadinya kebakaran.

"Yakinkan tempat tinggal itu aman. Secara umum gunakan listrik sesuai kapasitas. Matikan kompor, jangan tinggalkan kompor saat memasak. Lakukan pembesihan kompor secara berkala," katanya.

Menurutnya, hal kecil pun bisa menjadi penyebab kebakaran. Termasuk soal penanganan sampah.

"Bahkan saat ini masih dalam darurat sampah. Ini berpotensi kebakaran. Mulai dari bagian api kecil yang tidak terkendali sehingga menjadi kebakaran," katanya.

Soal ketersediaan hydrant, Yusuf mengatakan saat ini sekitar 5 hydrant yang berfungsi untuk dimanfaatkan oleh Diskar PB untuk memadamkan api.

"Hydrant di Kota Bandung saat ini ada di beberapa lokasi, seperti Cikapayang, Jalan Supratman, Pasar Kordon Buahbatu, Jalan Pajajaran, juga Sadang Sarang," katanya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image