Siswa di Kota Bandung Diberi Edukasi Soal Zakat

Gaya Hidup  
Edukasi zakat dengan pertunjukkan seni/Humas Pemkot Bandung
Edukasi zakat dengan pertunjukkan seni/Humas Pemkot Bandung

BANDUNG---Untuk memberikan edukasi zakat kepada remaja, khususnya usia sekolah menengah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung menggelar acara Baznas Goes To School. Acara tersebut, digelar di SMP Negeri 17 Kota Bandung, Jumat 29 September 2023.

Menurut Humas Kota Bandung, Wakil Ketua 1 Baznas Kota Bandung, Arif Nurrakhman, Baznas Goes To School merupakan kegiatan yang pertama kali digelar pada 2023.

Arif berharap, kegiatan ini dapat membangun pemahaman agar anak-anak dapat merasakan manfaat berzakat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Agar anak-anak merasakan, berzakat dapat memberi kebahagiaan bagi mereka, serta membangun kebiasaan berzakat sejak dini,” kata Arif.

Selanjutnya, kata Arif, edukasi zakat kepada siswa ini antara lain membangun kesadaran bahwasannya zakat bukan sekadar menyisihkan 2,5 persen dari penghasilan bagi saudara-saudara yang membutuhkan.

Tetapi juga saling berbagi kebahagiaan, serta dengan menumbuhkan empati dari sesama manusia kepada saudara-saudaranya yang membutuhkan.

“Zakat dapat memberi kebahagiaan dan melipatgandakan rezeki. Hal ini yang perlu dipahami anak-anak sejak usia remaja,” kata Arif.

Edukasi zakat dalam kegiatan Baznas Goes To School antara lain dilakukan dengan pendekatan pertunjukkan seni. Salah satunya lewat penampilan dongeng dari Kak Yeni dan Nenglis.

“Di setiap sekolah, akan ada penampilan yang berbeda. Kalau di SMPN 17, mungkin kita menampilkan dongeng, tetapi di titik lain, akan ada penampilan membaca puisi,” kata Arif.

Selain itu, menurut Arif, kegiatan ini merupakan kolaborasi Baznas Kota Bandung dengan sekolah penyelenggara. Nantinya, akan ada titik-titik berikutnya yang akan menjadi kolaborator Baznas Goes To School.

Menurutnya, Baznas Kota Bandung mendorong tiap sekolah memiliki Duta Zakat. Nantinya, Duta Zakat ini akan menjadi pemberi pengaruh bagi teman sebayanya untuk menerapkan semangat berbagi pada sesama.

Ia juga mengajak warga Kota Bandung untuk sama-sama menumbuhkan kebiasaan berbagi kepada anak.

“Mari sama-sama laksanakan ibadah zakat dengan membangun implementasi agar zakat dapat membangun kebahagiaan dan meningkatkan rezeki,” kata Arif.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image