Baru Punya Lima Prodi, Ini Alasan Fakultas Teknik Unisba akan Buka Magister Teknik Industri dan IT

Umum  
Acara puncak milad ke 50, ditandai dengan Sidang Terbuka Senat FT Unisba/Humas Unisba
Acara puncak milad ke 50, ditandai dengan Sidang Terbuka Senat FT Unisba/Humas Unisba

BANDUNG----Usia Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung (FT Unisba) sudah lima dekade atau memasuki 50 tahun.

Saat ini, menurut Dekan FT Unisba, Dr Ir Mohamad Satori MT IPU, alumni FT Unisba telah berjumlah 6000 orang lebih tersebar sampai dipelosok Indonesia. Karena, mereka rela meniti dari bawah dikawasan yang kebanyakan sarjana teknik perguruan tinggi lain enggan terjun disitu.

Selama 50 tahun berdiri, kata dia, FT Unisba berturut-turut dipimpin oleh 12 orang dekan, Saat ini FT Unisba memilki lima program studi yaitu Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Pertambangan, Teknik Industri, Profesi Insinyur dan Magister Perencanaan Wilayah dan Kota.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dengan 1.523 mahasiswa yang diasuh oleh 76 dosen tetap berpendidikan S2 keatas, 27 doktor dan 3 guru besar yang berasal dari internal Fakultas Teknik sendiri.

"Saat ini kami tetap bertahan dengan misi menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan sarjana teknik yang beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah sebagai mujahid (pejuang), mujtahid (pemikir) dan mujaddid (pembaharu)," ujar Satori, Selasa (3/10/2023).

Untuk meningkatkan kualitas, kata Satori, FT Unisba sedang merencanakan pengembangkan jumlah program studi. Yaitu akan mendirikan Magister Teknik Industri dan dibidang IT.

Acara puncak milad ke 50, ditandai dengan Sidang Terbuka Senat FT Unisba yang dilaksanakan di Aula Unisba, akhir pekan lalu. Kegiatan ini mengangkat tema ‘Smart Engineering for Collaborate Planning & Sustainable Transformation’.

“Smart dalam tema ini, khususnya bagi para lulusan akan lebih banyak memahami terkait dunia IT. Sehingga nanti ketika sudah bekerja mereka akan mudah melakukan orientasi dengan situasi sekarang ini,” paparnya.

Menginjak usia ke 50 ini, kata dia, fokus FT Unisba yaitu terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dimulai dari pembenahan berbagai sistem, baik itu dari kurikulum maupun infrastruktur seperti laboratorium.

"Meningkatkan mutu tri dharma perguruan tinggi yang akan berimbas pada lulusan sesuai yang diharapkan oleh para pengguna tentunya. Oleh karena itu fokus kami terhadap peningkatan kualitas pembelajaran,” katanya.

Fokus berikutnya, kata dia, yaitu pada arah internasionalisasi dengan meningkatkan kerjasama internasional terutama dengan perguruan tinggi dan dunia industri di luar negeri.

“FT Unisba akan meningkatkan hal tersebut sehingga kolaborasi ini akan menambah kualitas lulusan tentunya sehingga bisa berkompetisi di dunia kerja,” katanya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image