Air Baku Terbatas Karena Kekeringan, ASN Kota Bandung Berjamaah Gelar Shalat Istisqa

Bandung Pisan  
Shalat istisqa digelar oleh ASN Kota Bandung
Shalat istisqa digelar oleh ASN Kota Bandung

BANDUNG---Shalat Istisqa atau shalat meminta hujan digelar di Plaza Balai Kota Bandung, Senin 9 Oktober 2023 pukul 10.30-11.25 WIB. Seluruh ASN Kota Bandung pun berjamaah mengikuti kegiatan tersebut.

Di tengah-tengah waktu berdoa setelah Shalat Istisqa, langit pun menjadi mendung. Angin berhembus semilir.

Sebelum shalat dilaksanakan, Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung, Asep Ismail menjelaskan mengenai tata cara Salat Istisqa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Untuk mengingatkan kembali kepada kita karena Salat Istisqa ini jarang dilaksanakan. Tata caranya dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad saw, ditulis dalam kitab sahih Abu Dawud," ujar Asep.

Asep mengimbau agar sebelum melakukan shalat Istisqa, para jemaah memperbanyak istigfar, sedekah, dan merekatkan persatuan serta kesatuan.

"Kita memohon ampun kepada Allah niscaya Allah akan turunkan hujan yang lebat kepada kita. Proses Shalat Istisqa pun telah dicontohkan oleh Rasulullah, tanpa azan dan ikamah," katanya.

Usai shalat, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, digelarnya shalat berjamaah ini merupakan ikhtiar ASN Kota Bandung sebagai manusia untuk bermunajat kepada Allah di musim kemarau yang panjang.

"Kita memohon ampunan apabila selama ini kita selalu melakukan kesalahan. Sambil kita juga berupaya di musim kemarau yang sangat panjang ini, banyak sekali penderitaan. Air semakin sulit padahal itu merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan hidup," papar Ema.

Shalat Istisqa dipimpin dari Kementerian Agama Kota Bandung, sedangkan khatib dipimpin langsung Ketua MUI Kota Bandung.

"Kita juga banyak diingatkan supaya kehidupan kita ke depannya bisa lebih baik. Kita di pemerintah harus lebih banyak memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat," katanya.

Ema mengatakan, shalat Istisqa bukan shalat yang bisa dilakukan secara rutin, tapi ini ada kekhususan waktunya. Setelah berkonsultasi dengan tokoh agama Islam, baru hari ini ASN di Balai Kota Bandung bisa melaksanakan sesuai dengan arahan para ahli. Ia berharap kegiatan serupa juga bisa dilakukan di tingkat kewilayahan

Menanggapi kasus kekeringan, Ema mengaku jika kekeringan di Kota Bandung itu tidak terjadi seperti di kota lain. Namun, masalah air baku memang saat ini sangat terbatas.

"Air hujan menjadi salah satu sumber utama air baku kita. Untuk memenuhi kebutuhan air, sudah kita upayakan dari PDAM. Kalau di daerah yang sudah rawan, itu sudah disuplai oleh PDAM dengan tangki-tangki air. Itu dibagikan secara proporsional," paparnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image