Peneliti Unpad, Buat Limbah Ikan Tilapia Jadi Obat Luka Bakar

Serba Serbi  
Ekstrak ikan tilapia yang sudah dibuat menjadi obat luka bakar/Humas Unpad
Ekstrak ikan tilapia yang sudah dibuat menjadi obat luka bakar/Humas Unpad

BANDUNG---Peneliti Unpad ternyata bisa menyulap ekstrak limbah ikan Tilapia dan

Bunga Delima (ETBD) menjadi hidrogel untuk menjadi obat terapi luka bakar.

Tim tersebut, merupakan peneliti Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE) Unpad.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Para mahasiswa tersebut yaitu Jihan Nur Azizah (FK), Areta Fausta Nadine , Ghefira Hasna Kamila, Rafly Mochammad, dan Salma Salsabila (Farmasi) di bawah bimbingan Eko Fuji Ariyanto, dr., M.KM., Ph.D. serta dibantu oleh dosen pembimbing internal yaitu Dr. Aziiz Mardanarian Rosdianto, S.Kep., Ners., M.H.(Kes.), M.Si., AIF.

Produk hidrogel ETBD tersebut mengandung campuran ekstrak ikan tilapia yang mendukung regenerasi jaringan kulit dan mempercepat penutupan luka. Ekstrak bunga delima memberikan perlindungan dari peradangan dan infeksi. Produk ini telah melewati serangkaian uji klinis dan terbukti mendapatkan hasil yang baik.

“Limbah ikan tilapia, yang sering diabaikan, ternyata memiliki sifat-sifat penyembuhan yang menakjubkan," ujar Areta.

Menurutnya, dengan menggabungkan ekstrak ikan tilapia yang mengandung kolagen dan protein penyembuhan dengan ekstrak bunga delima yang dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan, pihaknya mendapatkan solusi terapi luka bakar yang sangat efektif.

Menurutnya, produk tersebut sangat terjangkau dan ramah lingkungan. Dengan mengurangi limbah ikan tilapia dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, tim berharap produk ini akan tersedia bagi masyarakat luas.

Luka bakar sendiri merupakan kondisi yang memerlukan perawatan cermat dan efisien untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko infeksi. Inovasi dari tim ini membuka jalan bagi perawatan luka bakar yang lebih baik dan berkelanjutan.

Ke depannya, tim akan terus meningkatkan kualitas produk ini dan menjalani uji lanjutan untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image