Puluhan TPS di Bandung Masih Overload, Pemkot Tegaskan Warga Harus Lakukan Hal Ini

Bandung Pisan  
Ilustrasi tumpukan sampah/dok Republika
Ilustrasi tumpukan sampah/dok Republika

BANDUNG---Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS), masih banyak yang overlod. Yakni, dari sebanyak 135 terdapat 38 TPS yang masih melebihi kapasitas atau overload.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meminta warga bisa mengelola sampahnya secara mandiri.

"Dari 135 TPS, masih ada 38 TPS yang overload. Kita genjot penyelesaiannya. Utamanya, penyelesaian masalah sampah di hulu melalui edukasi," ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna di sela-sela memantau penanganan sampah, Kamis 19 Oktober 2023.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Ema, Pemkot Bandung memang terus berupaya mengedukasi masyarakat untuk menangani sampah dari sumbernya. Ada beragam cara yang bisa dilakukan warga agar sampah yang dibuang ke TPS semakin sedikit.

"Kita memang harus mengubah perilaku. Di rumah bisa menyediakan Loseda (Lodong Sesa Dapur) bisa memilah sampah organik. Bahkan kalau bikin sendiri di rumah lebih murah, sehingga mereka mulai selesaikan sampah sendiri," katanya.

Ema mengatakan, memang bukan hal yang mudah untu mengubah perilaku. Namun Pemkot Bandung akan terus mengedukasi warga agar perilaku pengelolaan sampah bisa berubah.

"Masyarakat belum maksimal. Mereka masih Pragmatis, tidak bisa buang ke TPS, padahal TPS itu hanya boleh untuk sampah residu. Organik anorganik harus diselesaikan masing-masing," katanya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image