Pangan Lokal Harus Terus Dikembangkan di Tengah Kemarau Panjang, Ini Alasannya

Bandung Pisan  
Para pakar Teknik Pangan Unpas
Para pakar Teknik Pangan Unpas

BANDUNG---Untuk memperingati Hari Pangan Sedunia 2023, Program Sarjana Teknologi Pangan dan Magister Teknologi Pangan Universitas Pasundan (Unpas) akan mengadakan seminar nasional, Senin (23/10/2023) pukul 07.30-18.30 WIB di Kampus Pascasarjana Unpas, Jl Sumatera No 41, Kota Bandung.

Seminar nasional ini mengusung tema “Indigenous Knowledge untuk Pengembangan Kearifan Pangan Lokal”.

Guru Besar Bidang Analisis dan Keamanan Pangan Unpas Prof Dr Ir Wisnu Cahyadi, MSi, Indonesia harus mengembangkan pangan lokal. Apalagi, dengan adanya el Nino, perang dan kemarau yang berkepanjangan ini sangat mempengaruhi masalah pangan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Indonesia harus mengembangkan pangan lokal, karena negara lain sudah tidak ekspor pangan. Karena mereka juga sudah kekurangan pangan juga,” ujar Prof Wisnu, Jumat (20/10/2023).

Dekan Fakultas Teknik Unpas yang sekaligus Guru Besar Ilmu Teknologi Pangan, Unpas Prof Dr Ir Yusman Taufik, MP berharap, adanya seminar ini generasi muda atau para mahasiswa bisa memahami tentang aspek pangan lokal.

Apalagi, kata dia, pangan lokal semakin hari semakin hilang, peranan Unpas akan diperlihatkan dalam seminar ini.

"Sehingga generasi muda atau mahasiswa diwajibkan hadir. Mudah-mudahan mahasiswa juga bisa mengembangkan pangan lokal yang bisa mendunia,” katanya.

Menurut Ketua Prodi Magister Teknologi Pangan Unpas Prof Dr Ir Tien R Muchtadi,

pada seminar tersebut, peserta mendapatkan konsultasi produk untuk UMKM secara gratis, bazzar produk pangan dan pameran poster penelitian.

Peserta seminar dibuka untuk umum. Mahasiswa Program Sarjana dan Magister Teknik Pangan wajib mengikuti seminar ini.

"Kami menargetkan yang daftar dalam seminar ini sebanyak 300 orang, tetapi yang sudah mendaftar sudah seribu lebih peserta," ujar Prof Tien,

Menurutnya, Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Namun pihaknya baru bisa menggelarnya pada Senin (23/10/2023).

“Kita sangat peduli dan ingin berkontribusi dalam Teknologi pangan. Kami mengadakan seminar nasional ini untuk pertama kalinya. Untuk tema saya mengacu visi dan misi dari Unpas yaitu keislaman dan kesundaan,” kata Prof Tien.

Prof Tien mengatakan, pihaknya mewajibkan mahasiswa mengikuti seminar ini yaitu agar mahasiswa bisa lebih mengembangkan produk pangan lebih dalam lagi.

“Ini yang menjadi sasaran utama,” katanya.

Seminar Hari Pangan Sedunia ini menghadirkan narasumber dari Direktur Dewan Eksekutif BAN PT Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc, Ketua Umum GAPMMI Ir. Adhi S. Lukman dan Ketua Aliksa Organik SRI Consultant Ir. Alik Sutaryat, M.P. dengan moderator dari Dekan Fakultas Teknik Unpas Prof. Dr. Ir. Yusman Taufik, M.P

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image