Cari Bibit Unggul Bidang Pariwisata, NHI Tourism Skills Competition Digelar Ini yang Dilombakan

Wisata  
Pembukaan 5th NTSC menampilkan tarian daerah/Humas Poltekpar Bandung
Pembukaan 5th NTSC menampilkan tarian daerah/Humas Poltekpar Bandung

BANDUNG----- Ratusan mahasiswa mengikuti 5th NTSC (NHI Tourism Skills Competition) 2023 yang digelar Politeknik Pariwisata (Poltekpar) NHI Bandung pada 23–26 Oktober 2023.

Kegiatan yang diadakan di Kampus Poltekpar NHI Bandung Jalan Setiabudi Kota Bandung ini mengusung tema “Pioneering The Future of Tourism”. Ada 16 cabang mata lomba dalam kegiatan yang berlangsung secara hybrid (online dan offline) ini.

Menurut Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Andar Danova L Goeltom, peserta berasal dari 42 Perguruan Tinggi di Indonesia dan serta 1 peserta berasal dari Perguruan Tinggi Luar Negeri. Yakni, Institute of Tourism and Hotel Management, Pakistan. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid (online dan offline) ini ada 16 cabang mata lomba.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Andar menjelaskan, NTSC merupakan kegiatan tahunan Poltekpar NHI Bandung yang telah diselenggarakan sejak tahun 2019.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan talenta – talenta profesional di bidang pariwisata serta mencari bibit – bibit unggul SDM pariwisata melalui 3 kategori kompetisi," ujar Andar.

Menurut Andar, ketiga kategori kompetisi tersebut merupakan domain representasi dari keilmuwan pariwisata, yaitu Hospitality Competiton, Travel Competition, dan Tourism Competition.

Selain itu, kata dia, cabang mata lomba yang dikompetisikan yaitu Photography Competition and Regional Logo Creative, Tourism Business Idea Competition, Travel Vlog Competition, Creative Event Proposal Competition, Guiding Competition.

Ada juga, kata dia, Tour Package Competition, Makin Bed & Towel Art Competition, Front Office Competition, Mixology Competition, Manual Brew Competition, Indonesian Seafood Challenge, Indonesian Appetizer, Plated Dessert, Cake Decoration, Sales & Marketing Idea Pitch, dan Hotel Accounting Competition.

Kegiatan 5th NTSC (NHI Tourism Skills Competition) 2023 dibuka oleh Sekretaris Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dra Ni Wayan Giri Adnyani, MSc CHE dan Direktur Poltekpar NHI Bandung.

"Kegiatan NTSC adalah bentuk manivestasi Visi dan Misi Poltekpar NHI Bandung dalam upaya berkesinambungan mendukung pengembangan serta pembangunan SDM Pariwisata Nasional yang unggul, berkualitas, kreatif, inovatif, berdaya saing global, dan berjiwa wirausaha

Rangkaian acara 5th NTSC, kata dia, diadakan juga kegiatan Culinary Festival selama 4 hari ini yang menampilkan cooking demo, live music, dan juga Business showcase makanan Indonesia yang berkolaborasi dengan bazaar EIMM (Enhaii Makerspace & Marketspace) yang menyuguhkan puluhan stall bisnis UMKM Mahasiswa.

Andar berharap dengan diselenggarakannya NTSC mahasiswa bisa mengeksplorasi potensi mahasiswa di bidang pariwisata.

"Dengan kegiatan kami ingin melihat potensi mereka. Diharapkan juga ke depan mereka bisa melanjutkan ke kompetisi yang lebih besar atau lebih tinggi lagi," kata Andar.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image