Gelar Pameran di Mal Ciwalk, Finalis UMKM Award Berhasil Catatkan Penjualan Rp 253 Juta

Serba Serbi  
Pemberian penghargaan pada 13 UMKM pemenang UMKM Award/Humas Pemkot Bandung
Pemberian penghargaan pada 13 UMKM pemenang UMKM Award/Humas Pemkot Bandung

BANDUNG---Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui melalui Dinas Koperasi dan UKM memberikan penghargaan kepada 13 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada UMKM Award, di Hotel Holiday Inn, belum lama ini.

Penghargaan diberikan oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna kepada para pemenang.

Menurut Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman, sebelumnya para finalis sudah mendapatkan bekal dari para mentor yaitu Rex Marindo, Hendra Noviyanto, Fahmi Hakim dan Taufan Umbara pada rangkaian bootcamp lalu di tanggal 26-27 September 2023.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, menurut Atet, dilakukan Kegiatan Exhibition & Ptiching day di Cihampelas Walk (Ciwalk) Bandung pada tanggal 6-8 Oktober 2023. Pada kegiatan tersebut seluruh finalis melakukan kegiatan pameran dan aktiftas penjualan di ruang publik serta melakukan persentasi kepada para juri.

"Dari hasil exhibition dan pitching day di Cihampelas Walk, para finalis mencatatkan penjualan sebesar Rp 253. 201.700 selama beberapa hari," ujar Atet.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna optimistis, potensi UMKM di Kota Bandung sangat mempuni. Pasalnya Kota Bandung memiliki SDM yang unggul.

"Kami percaya potensi Bandung luar biasa. Salah satunya Unesco menetapkan Bandung sebagai kota desain. Karena semua memiliki SDM yang mempuni. Wajar kalau Bandung kaya intelektualnya," kata Ema.

Ema menambahkan, aktivitas ekonomi di Kota Bandung terus tumbuh. Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) di Kota Bandung mencapai 5,41 persen.

"Aktivitas ekonomi terlihat pada angka makro memberikan hasil yang gembira. LPE kita 5,41 persen, kita yakin target 6 persen bisa diraih," katanya.

Ema mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung terus melaju. Seperti halnya para wisatawan yang datang ke Kota Kembang ini, untuk sekedar liburan bahkan kuliner.

"Saya lihat, hal faktual itu terjadi pada salah satu faktor utama kontribusi pendapatan ini. Seperti okupansi hotel mulai normal, weekday saja 40 persen, kalau weekend 80 bahkan sampai 90 persen. Kegiatan ekonomi lain, seperti restoran, kunjungan keseharian itu memberikan hasil gembira untuk pendapatan," paparnya.

UMKM Award 2023, terdapat 13 kategori terbaik dari 29 finalis yang terdiri atas Kategori Lokalitas, Kategori Berkualitas, dan Kategori Menembus Batas dari 4 sub sektor yaitu subsektor Kuliner, Kriya, Fesyen serta Jasa dan Produk Lainnya ditambah 1 kategori Lokalitas Berkualitas Menembus Batas (Juara Umum), berikut UMKM yang meraih penghargaan:

A. Sub Sektor Kuliner

Kategori Menembus Batas : Hi Story Cake

Kategori Berkualitas : Kebab Factory

Kategori Lokalitas : Awug Jawara

B. Sub Sektor Kriya

Kategori Menembus Batas : Cabaco

Kategori Berkualitas : ViFlowerss

Kategori Lokalitas : Yuridi

C. Sub Sektor Fesyen

Kategori Menembus Batas : Saung Rajut

Kategori Berkualitas : Xrider Shoes

Kategori Lokalitas : Rain Forest Gears

D. Sub Sektor Jasa dan Produk Lainnya

Kategori Menembus Batas : Celak Shoes

Kategori Berkualitas : Madezein

Kategori Lokalitas : Neo Megah Jaya

E. Kategori UMKM Lokalitas Berkualitas, Menembus Batas : Hi Story Cake

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image