Bandung Sukses Dampingi Puluhan Wirausaha Milenial Lewat Camp Entrepreneur

Bandung Pisan  
Cempor RENDEZVOUS 2023 yang digelar di Mall Festival Citylink
Cempor RENDEZVOUS 2023 yang digelar di Mall Festival Citylink

BANDUNG---Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung sukses dampingi wirausaha muda baru, yakni melalui program Cempor (Camp Entrepreneur) .

Hal itu terlihat, dalam acara pameran yang bertemakan Cempor RENDEZVOUS 2023 yang digelar di Mall Festival Citylink, akhir pekan lalu terdapat 45 tenant produk unggulan dari wirausaha milienial dari cempor, mulai dari produk craft, fesyen, makanan, hingga jasa.

“Kita mengucapkan Alhamdulillah kita menamatkan camp pelatihan yang mungkin sudah kita lakukan selama hampir 1 tahun, ada 11 pelatihan, ini tahun ketiga Alhamdulillah melahirkan peserta yang luar biasa," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Edi Marwoto, ditemui di sela acara Cempor RENDEZVOUS 2023, di Mall Festival Citylink Bandung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Edi, para wirausaha tersebut tahun ini sudah mulai mengembangkan sayapnya. Yakni, mulai dari yang baru mulai berwirausaha, sampai ada juga yang sudah ditahap ekspor.

"Ini luar biasa baru juga beberapa bulan tapi sudah terlihat progresnya,” katanya.

Cempor sendiri merupakan salah satu program unggulan Dispora Kota Bandung, yang diresmikan pada 2022 sebagai sebagai wadah pengembangan pemuda melalui pelatihan wirausaha muda pemula.

“Bagi kami program ini sangat diminati dan sangat positif, untuk pengembangan usaha bagi pemula," katanya.

Menurutnya, kesuksesan Cempor yang sudah memasuki tahun ketiga ini, tidak lepas dari dukungan semua pihak. Yakni, mulai dari Dinas Koperasi dan UMK, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan, Bank BJB, Kementerian Hukum dan HAM, LPH, dan juga para akademisi yang terlibat.

“Berkat dukungan semua pihak pentahelix kolaborasi termasuk juga dari ketua dewan dan kemenpora, karena kita tidak bisa berjalan sendiri dan tetap bergandengan tangan untuk mewujudkan pemuda pemudi kota Bandung yang mandiri,” katanya.

Edi berharap, kedepannya Cempor bisa terus eksis melahirkan wirausaha muda baru, dan bisa memamerkan produknya hingga tingkat internasional.

“Semoga kedepannya mereka bisa melakukan ekspor produk seperti hari ini tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri,” kata Edi.

Sementara itu Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Hendro Wicaksono, memuji program Cempor yang dianggapnya bisa dijadikan program percontohan bagi daerah lain di Indonesia.

“Cempor ini merupakan suatu terobosan baru ini merupakan suatu upaya Dispora Kota Bandung yang cukup brilian, artinya bagaimana mereka menciptakan wirausaha muda di Kota Bandung ini bisa menjadi percontohan, bisa ditularkan ke seluruh daerah,” kata Hendro, usai berkeliling di pameran Cempor RENDEZVOUS 2023.

Acara Cempor RENDEZVOUS 2023 yang berlangsung di Festival Citylink Bandung, merupakan rangkaian camp entrepreneur (cempor) angkatan ketiga, dimana nantinya 30 peserta terpilih akan dikukuhkan melalui camp.

Sebelumnya, para peserta juga telah melalui serangkaian program mulai dari registrasi, kurasi, talent mapping, pelatihan dasar, pendampingan, asistensi, hingga temu bisnis memamerkan produknya dalam acara RENDEZVOUS 2023.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image