Minyak Jelantah di Bandung Sekarang Bisa Jadi Cuan Dihargai Rp6.500 per Liter Ini Caranya!

Bandung Pisan  
Noovoleum menampung minyak jelantah di Kota Bandung
Noovoleum menampung minyak jelantah di Kota Bandung

BANDUNG---Minyak goreng menjadi salah satu bahan pokok yang sangat penting untuk mengolah berbagai bahan pangan. Tapi, minyak goreng yang tak layak kerap terbuang karena sudah berubah warnanya.

Minyak bekas pakai atau biasa disebut jelantah sering sekali dibuang langsung di saluran pembuangan air, bak cuci piring, bahkan ke tanah. Karena dinilai terbilang praktis. Tapi, cara tersebut nyatanya memiliki dampak buruk bagi lingkungan.

Perlu diketahui bahwa minyak jelantah termasuk dalam limbah B3 yang dihasilkan rumah tangga. Limbah B3 merupakan limbah yang dalam konsentrasinya mengandung zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan dan berdampak buruk pada kesehatan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, sekarang warga Kota Bandung tak perlu khawatir lagi. Karena Noovoleum hadir sebagai solusi untuk menampung minyak jelantah dengan memberikan nilai ekonomis.

"Kami di sini konsen di bidang lingkungan, kita melihat produksi minyak jelantah di Indonesia itu terbanyak apalagi Kota Bandung ini masuk ke 5 kota besar di Indonesia yang limbah minyak jelantah nya tuh banyak banget," ujar Project Director Pahlantah Noovoleum, Andini.

Jadi, kata dia, berangkat dari situ pihaknya ingin menyadarkan masyarakat buat sama-sama.

"Ayo kita jaga lingkungan dan kesehatan. Ternyata minyak jelantah bisa jadi potensi uang juga. Bisa punya nilai ekonomis," katanya.

Perlu diketahui, minyak jelantah yang telah dikumpulkan akan diolah kembali menjadi energi terbarukan.

"Minyak jelantahnya kita olah jadi biodiesel untuk bahan bakar mesin yang ada di pabrik-pabrik sama campuran bioavtur, dan bisa juga sebagai bahan bakar pesawat. Jadi konsepnya dari limbah ini kita bisa olah jadi energi terbarukan," kata Andini

Berikut caranya agar minyak jelantah bisa menjadi cuan:

1. Setiap liter minyak jelantah dibeli dengan Rp6.500.

2. Khusus untuk warga Kota Bandung pun bisa untuk meminta petugas Noovoleum melalui nomer telefon 0811-1001-2402 , untuk datang menjemput minyak jelantah dengan syarat minimal barang mencapai lima liter.

"Khusus warga Bandung yang bingung limbah minyak jelantah, bisa menyetorkannya kita. Dengan cara datang langsung ke Jalan Raden Patah No. 6, Kota Bandung,” katanya.

3. Noovoleum juga telah menyiapkan aplikasi bagi warga yang ingin menjual miyak jelantah. Andini menjelaskan, pertama download atau unduh aplikasi UCollect App. Selanjutnya, ada petunjuk untuk scan kode barcode ke mesin UCollect Box (mesin penyimpanan minyak jelantah).

4. Kemudian mesin akan menghitung berapa liter minyak yang dimasukan setelah itu secara otomatis dana akan masuk ke dompet digital yang disambungkan pada UCollect App.

"Mari bersama-sama menjadi Pahlantah (Pahlawan Lingkungan Ubah Jelantah jadi Rupiah) jaga lingkungan, ubah limbah jadi berkah dengan tidak membuang minyak jelantah sembarangan," kata Andini.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image