Update Evakuasi Tabrakan KA di Bandung, Ini Data Korban Meninggal dan Luka-luka

Umum  
Petugas mengevakuasi tabrakan (KA) Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya
Petugas mengevakuasi tabrakan (KA) Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya

BANDUNG--- PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan evakuasi terhadap eks rangkaian kereta yang masih berada di lokasi Kecelakaan Kereta Api (KKA) antara kereta api (KA) Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka, Jumat (5/1/2024).

“Saat ini, KAI telah berhasil mengevakuasi 8 unit kereta Turangga dan 6 unit kereta Commuterline Bandung Raya," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Sehingga, kata Joni, yang masih tersisa di lokasi kejadian yaitu 2 unit lokomotif dan 4 unit kereta. "KAI bersama seluruh stakeholders berusaha semaksimal mungkin agar proses evakuasi dapat tuntas dalam waktu yang tidak terlalu lama,” katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam proses evakuasi tersebut, kata dia, 200 personel dikerahkan yang terdiri dari tim KAI, KAI Commuter, BTP wilayah Jabar Kemenhub, Basarnas, dan Stakeholders terkait lainnya.

KAI juga menggunakan alat berat berupa 1 unit crane, 6 unit dongkrak elektrik, serta peralatan pendukung alat berat lainnya.

"Adapun material yang digunakan dalam proses perbaikan jalur tersebut yaitu 100 buah bantalan rel," katanya.

Sementara update korban dalam kejadian ini hingga Jumat (5/1) pkl 15.00 yaitu 4 petugas meninggal dunia yakni Masinis, Asisten Masinis, Pramugara, dan Security. Serta 33 orang mengalami luka-luka yang dirawat di:

- RSUD Cicalengka: 26 orang

- RS AMC: 2 orang

- RS Edelweiss: 2 orang

- RS Santosa: 3 orang

Menurutnya, dengan terjadinya rintang jalan pada petak jalan Haurpugur - Cicalengka, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang tersebut.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image