Cegah Bencana, Petugas Gabungan di Sukabumi Dikerahkan Bersihkan Sungai dan Tanam Pohon

Umum  
Petugas di Sukabumi menanam pohon cegah longsor
Petugas di Sukabumi menanam pohon cegah longsor

SUKABUMI--Petugas gabungan dikerahkan dalam upaya bersih sungai dan tanam pohon di Sungai Cimandiri, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Senin (15/1/2024).

Kegiatan dalam rangkaian karya bakti TNI ini dilakukan karena masih adanya sampah di aliran sungai yang berpotensi menyebabkan bencana.

'' Pada hari ini melaksanakan kegiatan karya bakti, berupa kegiatan pembersihan sampah di sungai dan penanaman pohon di bantaran sungai,'' ujar Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Yudhi Hariyanto.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam momen ini dilibatkan unsur forkopimda, pemkot, TNI, Polri, Kejari, BPBD, relawan dan organisasi wanita yang ada di Kota Sukabumi.

Menurut Yudhi, aksi bersih sungai ini digelar di titik yang terdapat sampah cukup banyak di Sungai Cimandiri. Langkah ini juga, sebagai tindak lanjut mitigasi bencana di Sungai Cimandiri yang dilakukan unsur Forkopimda dan jajaran aparatur Pemerintah Kota Sukabumi pada Selasa (9/1/2024) lalu.

'' Kegiatan ini dapat memberikan perubahan yang semula rawan longsor karena ditanam pohon mencegah atau meminimalisir,'' kata Yudhi.

Yudhi berharap, penduduk di bantaran sungai untuk tidak membuang sampah ke sungai. Dengan kesadaran bahwa sungai ada potensi wisata dalam dalam hal ini arung jeram. Rencananya kegiatan ini tidak hanya hari ini saja, akan tetapi berkelanjutan.

'' Alhamdulillah, kegiatan ini tindak lanjut mitigasi susur sungai, di mana ditemukan beberapa titik yang masih ada sampah dan rawan longsor,'' ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.

Hal ini, ditindaklanuti Kodim dan forkopimda dengan dilakukan pembersihan sampah di sungai dan penanaman pohon di beberapa lokasi agar terhindar dari bencana.

Kusmana mengajak masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai karena akan berdampak dengan aliran sungai yang indah.

'' Aliran sungai ini cocok untuk wisata alam arung jeram. Ini potensi pariwisata di Sukabumi, selain mitigasi dan penanaman pohon ke depan bisa jadi lokasi wisata,'' ujarnya. N Riga Nurul Iman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image