Cuaca Ekstrim, Sebabkan 17 Bencana Terjadi di Kota Sukabumi

Umum  
Petugas mengevakuasi daerah yang longsor
Petugas mengevakuasi daerah yang longsor

SUKABUMI---Cuaca ekstrim, membuat banyak daerah di Jabar dilanda bencana. Termasuk di Kota Sukabumi, sebanyak 17 kejadian bencana menerjang dalam rentang waktu 1-18 Januari 2024.

'' Apabila melihat dari data yang ada, jumlah bencana alam saat ini kebanyakan diakibatkan cuaca ekstrem,'' ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, Jumat (19/1/2024).

Jenis bencana lainnya, kata dia, seperti tanah longsor dan banjir limpasan yang diakibatkan saluran drainase tersumbat sampah. Yakni, saat turun hujan air meluap hingga terjadi banjir.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

''Sehingga untuk menangani banjir limpasan ini kami bersama warga terus berupaya melakukan aksi bersih-bersih,'' ujar Novian.

BPBD Kota Sukabumi juga kata Novian, terus memantau perkembangan cuaca dan memberikan informasi kepada masyarakat. Setiap hari petugas terus melakukan monitoring wilayah untuk mengatahui kondisi di lapangan.

Novian mengatakan, BPBD tidak hentinya mengingatkan masyarakat untuk waspada dan siap siaga dalam menghadapi musim hujan ini. Targetnya warga melaksanakan upaya pencegahan, seperti membersihkan saluran air, menjaga kebersihan lingkungan, dan mengikuti imbauan dari pihak berwenang saat terjadi kondisi cuaca ekstrem. N Riga Nurul Iman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image